kenali Perbedaan Gejala Hamil Muda dan Haid

 
kenali Perbedaan Gejala Hamil Muda dan Haid

LADUNI.ID, Jakarta - Gejala hamil muda dan gejala haid (PMS) memang hampir mirip. Sehingga sering sekali orang sulit membedakannya. hal ini dikarenakan haid dan hamil berawal dari proses yang sama, yaitu ovulasi. Ovulasi adalah periode waktu ketika indung telur ovarium melepaskan sel-sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi sperma.

Berikut merupakan perbedaan gejala-gejala hamil muda dan haid :
1. Nyeri pada payudara 

Nyeri pada payudara sama-sama dirasakan oleh wanita hamil muda dan yang mau haid. Perubahan ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron dalam tubuh untuk mempersiapkan pembuahan. Nyeri payudara ciri hamil biasanya berlangsung selama 1-2 minggu setelah Anda mengalami pembuahan. Nyeri tersebut bahkan bisa Anda rasakan terus di sepanjang masa kehamilan, dan baru berhenti setelah melahirkan.

Namun sebaliknya, nyeri payudara bagi seseorang yang mau haid hanya berlangsung sebentar. Gejala pertama kali muncul di 1-2 hari sebelum Anda mens, dan berhenti di hari pertama Anda menstruasi.

2. Kram perut 

Hampir setiap perempuan akan mengalami kram perut ketika akan datang bulan. Namun, kram perut juga bisa menjadi tanda-tanda hamil. Namun terdapat beberapa perbedaan antara kram perut gejala hamil muda dan PMS. Kram perut menjelang haid rasanya bisa amat sangat sakit dan berlangsung berhari-hari.

Sementara itu, kram perut gejala hamil muda terasa lebih ringan dan tidak terlalu sakit. Biasanya rasa sakitnya cenderung terpusat di satu sisi saja dan seolah seperti kulit dicubit. Misalnya jika telur yang dibuahi menempel di sisi kanan rahim, kram akan lebih terasa pada sisi itu bukan di sebelah kiri.

3. Muncul flek darah

Flek menjadi tanda hamil jika muncul hanya 1-2 tetes darah cair berwarna merah muda kekuningan. Pendarahan implantasi bisa terjadi kapan saja dalam 10-14 hari setelah pembuahan, dan berlangsung 1-2 hari saja. Pendarahan implantasi tidak akan terjadi terus-terusan lebih dari 5 atau 7 hari. Sementara gejala akan datang haid, Anda tidak akan mengalami flek sama sekali. Hal inilah yang sangat membedakan tanda-tanda hamil dan gejala PMS pada setiap wanita. Perdarahan baru akan keluar setelah menstruasi Anda mulai, bukan sebelumnya.


4. Sakit punggung 

Sakit punggung juga akan dirasakan oleh perempuan yang akan datang haid dan perempuan yang mengalami hamil muda. Namun satu gejala mau haid yang paling umum. Rasa nyerinya terpusat di area punggung bawah dan terasa berdenyut tumpul, atau terasa pegal dan menjalar sampai betis. 

Sementara itu, sakit punggung sebenarnya bukan termasuk tanda-tanda hamil muda. Tidak sedikit memang dari calon ibu yang mengeluhkan sakit punggung selama hamil. Namun, nyeri punggung umumnya muncul di trimester kedua sampai tiga ketika berat badan bertambah banyak seiring janin yang juga membesar dalam rahim.