Penjelasan Hadis tentang Waliyulloh

 
Penjelasan Hadis tentang Waliyulloh

PERTANYAAN :

saya penasaran ni Akhi, Abu dan Ustad dalam Hadis qudsi Rosulullah bersabda; jiwa yang tergantikan Allah, tangan, kaki nya adalah Allah & do'a dikabul (hr ibnu sunni) 'maksudnya gimana 'Trimksh

 

JAWABAN :

Hadis selengkapnya ada dalam riwayat Imam Bukhori tentang waliyulloh

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : إِنَّ اللهَ تَعَالَى قَالَ : مَنْ عَادَى لِي وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْحَرْبِ، وَمَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِي بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ، وَلاَ يَزَالُ عَبْدِي يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِي يَسْمَعُ بِهِ وَبَصَرَهُ الَّذِي يُبْصِرُ بِهِ، وَيَدَهُ الَّتِي يَبْطِشُ بِهَا، وَرِجْلَهُ الَّتِي يَمْشِي بِهَا، وَلَئِنْ سَأَلَنِي لأُعْطِيَنَّهُ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِي لأُعِيْذَنَّهُ

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu berkata :Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : " Sesungguhya Allah ta’ala berfirman : Siapa yang memusuhi waliku maka Aku telah mengumumkan perang dengannya. Tidak ada taqarrubnya seorang hamba kepada-Ku yang lebih aku cintai kecuali dengan beribadah dengan apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Dan hambaku yang selalu mendekatkan diri kepada-Ku dengan nawafil (perkara-perkara sunnah di luar yang fardhu) maka Aku akan mencintainya dan jika Aku telah mencintainya maka Aku adalah pendengarannya yang dia gunakan untuk mendengar, penglihatannya yang dia gunakan untuk melihat, tangannya yang digunakannya untuk memukul dan kakinya yang digunakan untuk berjalan. Jika dia meminta kepadaku niscaya akan aku berikan dan jika dia minta perlindungan dari-Ku niscaya akan Aku lindungi “ (HR. Bukhori.)

- sedikit penjelasan dari kitab jami'ul ulum wal hikam ibnu rojab

فمتى امتلأ القلب بعظمة الله تعالى ، محا ذلك من القلب كل ما سواه ، ولم يبق للعبد شيء من نفسه وهواه ، ولا إرادة إلا لما يريده منه مولاه ، فحينئذ لا ينطق العبد إلا بذكره ، ولا يتحرك إلا بأمره ، فإن نطق نطق بالله ، وإن سمع سمع به ، وإن نظر نظر به ، وإن بطش بطش به ، فهذا هو المراد بقوله : كنت سمعه الذي يسمع به ، وبصره الذي يبصر به ، ويده التي يبطش بها ، ورجله التي يمشي بها ومن أشار إلى غير هذا فإنما يشير إلى الإلحاد من الحلول ، أو الاتحاد ، والله ورسوله بريئان منه .

ketika hati telah terpenuhi dengan keagungan Allah ta'ala maka leburlah semua selain Allah yg ada dihati dan tiada yg masih tetap sedikitpun dari hawa dan nafsunya hamba, tiada kehendak kecuali apa yg dikehendaki oleh Allah . maka saat itu seorang hamba tdk lah berbicara kecuali dengan dzikir kpd Allah, tdklah bergerak kecuali dengan perintah Allah, jika berkata2 maka berkata2 dengan Allah, jika mendengar maka mendengar dgn Allah, jika melihat maka melihat dengan Allah dan jika memukul maka memukul dengan Allah, inilah yg dimaksud dengan," Aku adalah pendengarannya yang dia gunakan untuk mendengar, penglihatannya yang dia gunakan untuk melihat, tangannya yang digunakannya untuk memukul dan kakinya yang digunakan untuk berjalan "barang siapa yg mempunyai isyarat makna yg lain dari ini maka dia telah berisyarat kepada ilhad/ keluar agama islam yaitu paham hulul/ Allah masuk ke manusia atau paham ittihad/ Allah bersatu dgn manusia. Allah dan Rasulnya terbebas dari kedua paham tsb.

wallohu a'lam.

قوله : ولئن سألني لأعطينه ، ولئن استعاذني لأعيذنه ، وفي الرواية الأخرى : إن دعاني أجبته ، وإن سألني أعطيته ، يعني أن هذا المحبوب المقرب ، له عند الله منزلة خاصة تقتضي أنه إذا سأل الله شيئا ، أعطاه إياه ، وإن استعاذ به من شيء ، أعاذه منه ، وإن دعاه ، أجابه ، فيصير مجاب الدعوة لكرامته على الله عز وجل ، وقد كان كثير من السلف الصالح معروفا بإجابة الدعوة . 

sedangkan firman Allah " Jika dia meminta kepadaku niscaya akan aku berikan dan jika dia minta perlindungan dari-Ku niscaya akan Aku lindungi " dalam riwayat yg lainnya " jika berdoa kepada-Ku maka ku kabulkan, jika meminta kepadaku maka kuberikan "maksudnya adalah orang ini disebut al mahbub / orang yg dicintai dan dekat, dia mempunyai kedudukan disisi Allah secara khusus yg bisa menjadikan dia jika meminta sesuatu kepada Allah maka Allah memberikannya, jika meminta perlindungan dari sesuatu maka Allah melindungi darinya dan jika berdoa kpd Allah maka mengijabahinya maka dia menjadi orang yg doanya selalu terkabul sebab karomahnya dia kpd Allah azza wajalla, dan banyak sekali ulama' salaf yg sholeh terkenal dengan doanya yg mustajab.

wallohu a'lam.

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah