Gempa Dahsyat Berkekuatan 6,4 Kembali Guncang Filipina

 
Gempa Dahsyat Berkekuatan 6,4 Kembali Guncang Filipina

LADUNI.ID, Manila - Pada Selasa (23/4/2019), Filipina diguncang gempa besar selama dua hari berturut-turut.  Pada hari pertama gempa terjadi di filipina selatan dengan kekuatan 6,3. Selang satu hari terjadi kembali gempa dengan kekuatan 6,1.

Tercatat sudah ada 11 orang tewas akibat gempa pada Senin (22/4/2019), dengan puluhan lainnya dikhawatirkan masih tertimbun di bawah puing-puing bangunan yang runtuh. USGS mencatat gempa pada Selasa (23/4/2019) melanda kawasan sekitar 13 kilometer arah timur Tutubigan, Pulau Samar, sebuah pulau di tengah timur Filipina, pada kedalaman 54 kilometer. 

Sebelumnya, guncangan gempa juga merusak bandara dan memaksa ribuan warga berlari keluar gedung bertingkat yang bergoyang akibat getaran gempa. Kerusakan terburuk terjadi di Provinsi Pampangan, tempat ditemukannya sebagian besar korban tewas.

Seperti disampaikan oleh pihak kepolisian Filipina, diketahui lebih dari 100 orang lainnya juga terluka akibat puing-puing bangunan.  Namun mereka memperkirakan jumlah korban akan terus bertambah.

Kemudian, lebih dari 400 gempa susulan yang terjadi sejak gempa awal pada Senin (22/4/2019) petang, berdasarkan informasi dari pakar seismolog Filipina. Operasi penyelamatan dilakukan di kota Porac menggunakan alat berat dan palu untuk membongkar struktur beton dari bangunan berlantai empat yang runtuh dan diperkirakan menimbun sekitar 24 orang.