Kamera Galaxy S10 Kini Sudah Bisa Gunakan Mode Malam

 
Kamera Galaxy S10 Kini Sudah Bisa Gunakan Mode Malam

LADUNI.ID - Samsung mulai merilis fitur mode malam untuk kamera Galaxy S10 yang sebelumnya Samsung memiliki fitur "bright night" untuk kebutuhan yang sama. Fitur ini berguna untuk menangkap gambar dengan lebih terang, meski dalam kondisi gelap atau minim cahaya.

Sudah banyak ponsel lain yang memiliki mode malam untuk memaksimalkan pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya, jadi fitur ini sejatinya bukanlah merupakan hal baru.

Seperti diketahui, fitur bright night hanya dapat ditemukan pada menu "Scene Optimizer", dan pengguna tidak dapat menentukan secara leluasa, apakah akan mengaktifkan fitur tersebut atau tidak. Ponsel akan mendeteksi secara otomatis kondisi cahaya ketika pengguna akan mengambil gambar. Jika kondisi di sekitar ternyata sangat minim cahaya, maka bright night akan aktif secara otomatis.

Pengguna tidak bisa menentukan secara leluasa apakah bright night akan digunakan atau tidak. Semua bergantung pada AI ponsel yang melihat kondisi cahaya di sekitar, itu lah kekurangan pada fitur bright night.

Kini Samsung memisahkan bright night dan membuatnya menjadi "night mode" secara terpisah dari fitur Scene Optimizer. Sehingga, memberikan opsi kepada pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode tersebut.

Pembaruan ini hadir untuk seluruh versi Galaxy S10 yaitu Galaxy S10e, Galaxy S10 reguler, dan Galaxy S10 Plus. Pembaruan tersebut bisa diunduh melalui menu software update yang bisa anda temukan pada pengaturan ponsel, Seperti dikutip dari SamMobile, Senin (22/4/2019).

Update fitur ini tentu saja membutuhkan kuota data karena anda terlebih dahulu harus mengunduh pembaruan ini. Update fitur ini memiliki ukuran file sebesar 205.18 MB.

Selanjutnya, fitur night mode akan berdiri sebagai salah satu mode pengambilan gambar, berdampingan dengan mode "Pro" dan "Video".

Fitur Mode Malam pertama kali dipopulerkan oleh Huawei lewat ponsel P20 Pro yang diluncurkan tahun lalu. Mode khusus ini memungkinkan kamera menangkap foto yang tampak terang dan jelas di malam hari.

Selain itu, vendor smartphone lain pun sudah menghadirkan fitur serupa mode malam Huawei. Seperti, Google dengan Night Sight di Pixel 3. Oppo pun tak ketinggalan menerapkan Night Shot di ponselnya.