Waspadai Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Gigi

 
Waspadai Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Gigi

LADUNI.ID, Jakarta - Banyak kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari dapat merusak gigi atau membuat gigi menjadi rapuh. Seperti kebiasaan menggigit benda keras yang pada akhirnya berdampak pada kerusakan gigi.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Time Of India, berikut terdapat sejumlah kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi.

1. Menyikat gigi usai konsumsi asam

Pada umumnya orang menyikat gigi di waktu pagi hari setelah sarapan. Kebiasaan kita menyikat giginya setelah menyantap sarapan, fungsinya sih agar tidak bau mulut. Tapi, yang harus diperhatikan, apakah sarapan tersebut mengandung asam atau tidak. Setidaknya ditunggu satu jam untuk menyikat gigimu. Kandungan asam dalam makanan membuat enamel gigi lunak akan terkikis jika langsung menggosoknya begitu selesai makan.

2. Memakai bulu sikat yang keras

Banyak yang salah paham, jika berpikir semakin keras bulu pada sikat gigi makan akan semakin ampuh dalam membersihkan sisa makanan di gigi. Hal itu salah ternyata. Bulu sikat yang paling bagus menurut para dokter gigi adalah bulu sikat gigi yang lembut dan halus.Bulu sikat yang keras memang bisa menghilangkan plak pada gigimu, namun juga rentan mengikis enamel gigi. 

3 Menggigit benda yang keras

Kebiasaan yang sering dilakukan adalah seperti membuka tutup botol minuman dengan menggunakan gigi. Hal ini jangan dijadikan kebiasaan, karena gigi diperuntukkan untuk mengunyah sesuatu yang lunak seperti makanan, bukan benda padat dan keras.


4 Ngemil makanan manis

Kebiasaan ini biasanya sering dilakukan oleh anak-anak. Namun sebagai orangtua harus menjaga dan membatasi hal tersebut. Karena ngemil makanan manis dapat mengakibatkan gigi hitam, berlobang dan rusak.