Kementerian Agama Aceh akan Melakukan Rukyatul Hilal Tanggal 5 Mei

Kementerian Agama Aceh akan Melakukan Rukyatul Hilal Tanggal 5 Mei

LADUNI.ID, ACEH---Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H / 2019 M,  Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan melakukan pengamatan atau Rukyatul Hilal awal Ramadan di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, Minggu, 5 Mei 2019 bertepatan dengan 29 Sya'ban 1440 H. 

"Untuk tingkat Provinsi, Kemenag Aceh akan memantau Hilal di Pusat Observatium hilal Tgk. Chik Kuta Karang Lhoknga pada 5 Mei, dan hasilnya nanti akan kami laporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat penentuan awal Ramadan 1440 H," ujar Kakanwil, H. M. Daud Pakeh sebagaimana direleas dalam website Kementrian Agama setempat aceh.kemenag.go id, Minggu (21/4/2019).

Ia menambahkan meski secara perhitungan, Ramadhan 1440 H diperkirakan jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019, dan juga sudah ada ormas yang telah menetapkan awal Ramadan 1440 H pada hari tersebut, namun Kemenag Aceh menghimbau kepada masyarakat untuk penetapan 1 Ramadhan 1440 H tetap menunggu keputusan Menteri Agama yang akan ditetapkan dalam sidang itsbat.

"Ramadhan tahun ini berpotensi dimulai secara bersamaan pada hari Senin, 6 Mei 2019, namun untuk kepastiannya tetap menunggu Sidang Itsbat pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Agama pada hari Senin, 05  Mei ba’da Magrib di Jakarta," ujar Daud Pakeh.