Pilih Ridha Allah atau Ridha Manusia?

 
Pilih Ridha Allah atau Ridha Manusia?

LADUNI.ID - Ada sebuah nasehat populer soal ini, yakni:

رضا الناس غاية لا تدرك ورضا الله غاية لا تترك
"Ridha seluruh manusia adalah goal yang tak bisa didapatkan. Ridha Allah adalah goal yang tak bisa diabaikan"

Maksudnya adalah tugas kita hanya berbuat dan berkata yang benar, orang setuju atau tidak itu tak masalah sebab memang tak mungkin semua orang setuju pada hal yang sama. Yang penting adalah ridha Allah saja, bukan ridha manusia.

Nasehat di atas benar, tapi bila dipraktekkan belum tentu benar sebab banyak orang merasa benar dalam apapun yang dilakukannya. Khawarij melakukan aksi terorismenya dengan berniat menggapai ridha Allah tanpa peduli pandangan orang-orang yang mengutuk aksi mereka. Demikian juga kaum Syiah ketika membuat barisan lain dari mayoritas kaum muslimin.

Nasehat seperti di atas bisa dipakai oleh orang baik yang teguh pendirian atau orang jahat (yang merasa baik) yang begitu keras kepala. Keduanya nyaris tak bisa dipengaruhi untuk berubah pikiran sebab keyakinannya sudah sampai pada level yang tak bisa ditawar.

Jadi, mau pilih Ridha Allah atau Ridha Manusia? Tentu saja sebisa mungkin pilih keduanya. Memang ada kalanya yang menentang arus itulah yang benar, tapi seringkali ridha Allah ada dalam ridha mayoritas kaum muslimin.

Oleh: Abdul Wahab Ahmad