Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Gresik

Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Gresik

PROFIL
Berawal dari keinginan KH. Masbuhin Faqih, pengasuh pondok pesantren Mambaus Sholihin untuk memiliki sebuah lembaga perguruan tinggi bagi lulusan madrasah aliyah Mambaus Sholihin itu akhirnya terwujud jua. Pada tanggal 29 juni 2003 bertempat di pondok pesantren Mambaus Sholihin bertepatan dengan acara haflah akhiris sanah institute keislaman Abdullah faqih resmi dibuka. Dengan penuh tekad dan keberaniaan dari seluruh pihak terutama sang pengasuh, akhirnya INKAFA resmi didirikan sebagai perguruan tinggi di kabupaten gersik.

Institut keislaman Abdullah faqih (INKAFA) didirikan dengan maksud menyiapkan mahasiswa yang memiliki kematangan ajaran islam ala ahlussunnah waljama’ah, memiliki kemamapuan akademik yang tinggi, professional, yang dapat mempraktekkan, mengembangkan atau menciptakan ilmu pengetahuan, dan teknologi serta keislaman, berbudi pekerti luhur (akhlak al karimah), dan mengupayakan penggunaan IMTAQ dan IPTEK untuk kesejahteraan jasmani dan rohani, masyarakat, bangsa dan Negara. Dan menghasilkan lulusan yang berkualifikasi pada bidang penyiaran islami, hukum islam, perbankan islami, keguruan Islam serta pengembangan bahasa arab dan pendalaman terhadap ilmu tafsir.

Saat ini INKAFA memiliki Empat Fakultas yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syari’ah, fakultas dakwah, dan fakultas ushuluddin. Fakultas tarbiyah memiliki dua jurusan yakni jurusan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Syari’ah mempunyai dua jurusan yakni jurusan Ahwal al-syahsiyah dan Muamalah. Fakultas Dakwah mempunyai satu jurusan yakni jurusan Komunikasi Penyiaran Islam dan Fakultas Ushuluddin mempunyai satu jurusan yakni Tafsir Hadits.

PROGRAM STUDI (PRODI)
1. Hukum Ekonomi Syari`ah (Mu`amalah)
2. Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)
3. Komunikasi dan Penyiaran Islam
4. Pendidikan Agama Islam
5. Pendidikan Bahasa Arab
6. Pendidikan Bahasa Inggris
7. Tafsir Hadits

ALAMAT
Jl. KH Syafiꞌi No.7, Suci, Manyar, Kabupaten Gresik
Email:     inkafamambaussholihin@gmail.com
Telepon: 031- 3959297
Kode Pos:  61151
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : inkafa.ac.id


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Gresik