Waspada, Tiga Kesalahan Ini Bikin Anda Sulit Kaya

 
Waspada, Tiga Kesalahan Ini Bikin Anda Sulit Kaya

LADUNI.ID, Jakarta - Seorang pendiri O’Leary Financial Group, Kevin O’Leary, menguak kesalahan yang tanpa disadari dapat memhuat Anda jadi sukar untuk menyimpan uang dan menghamburkannya terlalu banyak. Padahal, menurut Kevin, salah satu cara menjadi kaya adalah dengan menyimpan uang dan mulai berinvestasi. Hal ini seperti dilansir dari laman entrepreneur.com, Kevin memberi cara mudah untuk menghitung dan mengubah cara mengelola keuangan.

Cara pertama adalah dengan membuat catatan seluruh pemasukan keuangan selama 90 hari dengan titik terendah. Kemudian uang ini dikurangi dengan catatan semua pengeluaran yang dibutuhkan selama 90 hari. Nah, setelah 90 hari akan ketahuan apakah anda bisa menghasilkan uang lebih dari catatan atau malah menghabiskan uang lebih dari catatan yang ada. kendati demikian, menurut Kevin, ada 3 kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat Anda menjadi sulit untuk kaya.

Berikut tiga kesalahan yang membuat kita sulit untuk mencapai apa itu kekayaan.

1. Berutang kartu kredit

Kevin menjelaskan, kebiasaan menghabiskan banyak uang adalah sebuah penyakit yang harus disembuhkan. Sedangkan berutang pada kartu kredit sama saja seperti kanker yang sewaktu waktu bisa mematikan. Ketika mendapatkan tagihan kartu kredit dan tidak membayar penuh tagihan tersebut, itu sama saja membiarkan sel kanker hidup dalam tubuh. “Ketika anda mendapat tagihan kartu kredit, lihat baik baik (dan selesaikan),” jelas Kevin.

2, Dekat dengan uang ketika emosi

Kevin juga memaparkan bahwa kebanyakan laki-laki maupun wanita menghabiskan uang mereka karena merasa senang dan mengikuti emosi semata. Padahal, pencampuran uang dengan emosi adalah kombinasi beracun yang harus dihindari. Kevin menyarankan jangan pernah belanja karena mengikuti suasana hati. Banyak wanita yang merasa lebih baik ketika belanja dalam jangka pendek. Namun keuangan mereka akan bermasalah dalam jangka panjang.

“Sebenarnya pemenuhan kebutuhan jangka panjang dan (memiliki) tabungan akan lebih memuaskan,” katanya. Guna memperbaiki keuangan, Kevin menyarankan agar mengenali kapan harus mengeluarkan uang tanpa mengikuti emosi. Jika tidak belanja, bisa menghabiskan waktu untuk yang lain seperti memasak, membaca, jalan-jalan murah asal tidak menuju mal.

3. Lupa berhemat

Berhemat tidak sama dengan diet, lho. Orang yang sedang diet menghilangkan semua makanan favorit mereka selama berbulan bulan demi mendapatkan tubuh yang langsing. Lain dengan berhemat, tidak harus menghilangkan semua pembelian kebutuhan. “Saran saya, penghematan iya tapi tidak ada kekurangan,” ujar Kevin.

Berhemat bukan berarti tidak bersenang senang. Kuncinya adalah tetap memasukkan anggaran untuk bersenang senang. Sisihkan persentase uang untuk bersenang senang secara tunai. Selama uang yang disisihkan ini ada, tidak perlu khawatir untuk jalan jalan, ke salon dan sebagainya selama dibayar dengan uang tunai saat itu juga.