Bagi yang Diet, Ini Menu Buka Puasa yang Recommended

 
Bagi yang Diet, Ini Menu Buka Puasa yang Recommended
Sumber Gambar: Foto Ist

LADUNI.ID, Jakarta - Pada waktu berbuka puasa di bulan Ramadan ini, kebanyakan terkadang lupa memperhatikan porsi dan jenis makanan. Padahal bulan puasa bisa menjadi momen melakukan ibadah sekaligus bikin perut tetap rata dan tubuh langsing.

Baca juga: Tips Puasa dan Pola Hidup Sehat Sesuai Sunnah Nabi

Ada beberapa tips memilih menu buka puasa yang bikin perut gak buncit dan tetap langsing.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bagus untuk menu buka puasa

Karbohidrat kompleks kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan merupakan sumber energi untuk tubuh. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh, sehingga tubuh akan terus bekerja menghasilkan energi untuk menghancurkannya.

Karbohidrat kompleks memberikan stimulus serotonin, untuk menjaga nafsu makan agar tidak berlebih dan perut tetap ramping. Makanan yang termasuk sumber karbohidrat kompleks adalah roti gandum, beras merah, kentang rebus, oats, biji-bijian serta kacang-kacangan.

2. Awali buka puasa dengan minum air putih

Minum-minuman mengandung gula biasanya menjadi pilihan menu untuk berbuka puasa. Namun, untuk tetap menjaga perut tetap langsing, cobalah untuk mengurangi minum-minuman manis. Mulai buka puasa dengan air putih. Setelah berpuasa tubuh pasti akan kekurangan cairan sehingga membuat lemas dan pucat. Dengan mengkonsumsi air putih, cairan tubuh akan kembali dan melancarkan sistem metabolisme serta saluran pencernaan.

Baca juga: Lupa Baca Niat Puasa Ramadhan, Puasanya Sah?

3. Jangan Konsumsi Gorengan

Gorengan sepertinya menjadi menu wajib yang biasa dibeli untuk berbuka puasa. Namun, kadar minyak yang ada di gorengan ternyata bisa bikin badan gemuk loh. Cobalah untuk kurangi konsumsi gorengan saat berbuka puasa.

4. Makan Buah yang banyak

Saat berbuka dianjurkan mengawali dengan yang manis-manis. Daripada minum es, lebih baik menggantinya dengan buah segar. Buah seperti melon, semangka, buah naga sangat bagus untuk dikonsumsi. Salah satu buah yang juga baik dikonsumsi adalah alpukat. Alpukat memiliki lemak yang baik bagi tubuh dan dapat mengenyangkan.

5. Konsumsilah Ikan

Untuk menu makanan utama, ikan adalah makanan yang pas. Selain memiliki protein hewani yang baik untuk tubuh, ikan juga rendah lemak serta rendah kalori. Ikan juga memberikan nutrisi yang bagus untuk tubuh yang berpuasa.

Baca juga: Lima Adab Berbuka Puasa

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari dan harus dikonsumsi demi menjaga perut tetap ramping. Diet tetap jalan dan puasa pun lancar.

Semoga ibadah puasa Ramadhan kali ini dilancarkan dan mendapat ridha dari Allah Subhanallahu wa ta’ala… Aamiin…


Tulisan ini diolah dari berbagai sumber