Ajwa, Kurmanya Nabi Muhammad SAW

Ajwa, Kurmanya Nabi Muhammad SAW

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana  diketahui, apabila bulan Ramadhan tiba maka berbagai macam jenis kurma pun bermunculan dipasaran. Namun, diantara semua jenisnya, terdapat salah satu kurma yang paling spesial dan tentunya sangat disukai oleh Nabi Muhammad Saw, yaitu Kurma Ajwa atau disebut juga Kurma Nabi.

Mengenai harganya, kurma ini memiliki harga yang tinggi dipasaran yang berkisar tergantung ukurannya hingga 350 ribu perkilogramnya. Namun, mahalnya harga kurma Ajwa tidak semata karena menjadi favorit Nabi Muhammad, tetapi juga karena kandungan manfaatnya.

Selain memiliki tekstur daging buah yang lembut hingga terasa meleleh dimulut, ia juga kaya akan protein, karbohidrat, serat, dan lemak baik, mengandung vitamin A, B6, C, E, dan K, serta mineral seperti kalsium, potasium, magnesium, fosfor, sodium, zat besi, zink, tembaga, mangan, dan selenium.

Adapun manfaat dari kurma tersebut sangat banyak, diantaranya : melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah dan menyehatkan otak serta menguatkan tulang. Oleh karena itu, mari perbanyak mengkonsumsi kurma, baik kurma Ajwa ataupun kurma lainya, apalagi di bulan Ramadhan yang mulia ini. Alangkah indahnya jika kita berbuka dengan memakan kurma terlebih dahulu walaupun hanya satu biji saja sebelum kita memakan makanan yang lain, karena ia memiliki segudang manfaat dan merupakan makanan favorit Nabi Muhammad SAW, dan insyaAllah membawa berkah jika kita memakannya dengan mengikuti cara Nabi Muhammad SAW, yaitu dengan diawali membaca Bismillah dan memakannya dengan jumlah yang ganjil baik 1,3,5 dan seterusnya, serta menggunakan tangan kanan.