Beberapa Faktor Penyebab Gagal Fokus saat Berkendara

Beberapa Faktor Penyebab Gagal Fokus saat Berkendara

LADUNI.ID, Jakarta - Biasanya, jika memasuki siang bulan puasa hari maka kondisi tubuh kita menjadi lemas dan mengantuk. Hal ini tentunya akan membuat kita gagal fokus saat berkendara. Namun demikian kita harus tetap fokus sehingga terhindar dari kecelakaan dan sampai di tempat tujuan dengan selamat. 

Sebagaimana dilansir dari General Motors Indonesia, Jum'at (10/5), terdapat beberapa faktor yang menyebabkan gagal fokus saat berkendara, dan kita perlu mengetahuinya untuk pencegahan demi keselamatan dalam berkendara serta demi kelancaran ibadah puasa. 

1. Kurangnya Asupan Gizi

Sebaiknya jangan lupa mengkonsumsi karbohidrat kompleks di waktu sahur. Karbohidarat ini dapat dijumpai pada nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya. selain itu, protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan, dikhawatirkan badan akan mudah terasa lemah di siang hari. 

2.Kurangnya Cairan Tubuh (Dehidrasi)

Alangkah baiknya jika kita mengkonsumsi jus buah saat sahur atau berbuka. Selain membantu proses pencernaan tetap lancar, jus buah juga membantu menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh. Selain itu, pastikan agar kita minum 8 gelas air putih per hari demi mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Pedas dan Asam

Sebaiknya hindarilah makanan yang memiliki rasa pedas dan asam. Dua makanan ini dapat mengganggu fungsi lambung dan pencernaan yang sehingga mengakibatkan asam lambung. Efek dari asam lambung selama berpuasa akan sangat memperberat kondisi tubuh. Sehingga, jika Asam lambung tinggi maka pasti akan mengganggu konsentrasi kita saat berkendara.