Pulosakti, Plester Luka Berbahankan Tandan Sawit dan Ikan Sidat Buatan Mahasiswa UNS

 
Pulosakti, Plester Luka Berbahankan Tandan Sawit dan Ikan Sidat Buatan Mahasiswa UNS

LADUNI.ID, Solo - Pulosakti merupakan plester luka modern berbasis hydrogel dengan sifat ramah lingkungan. Hydrogel dibuat dari limbah tandan kosong kelapa sawit, sedangkan ikan sidat adalah komponen tambahan pada plester yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka karena tingginya kandungan albumin di dalamnya. Pulosakti juga memiliki keunggulan efektif mempercepat penyembuhan luka, ekonomis, ramah lingkungan, nyaman, tanpa bahan kimia berbahaya, dan mudah dilepas tanpa melukai kulit. 

Adapun penciptanya ialah Alfiyatul Fithri dan Wahyu Puji Pamungkas. Keduanya merupakan dua mahasiswa Program Studi Kimia pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Dalam melakukan penelitian, mereka mendapatkan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) senilai Rp20 juta setelah bersaing dengan ratusan masiswa kampus lainnya 

Adapun Alasan utama Fithri dan timnya melakukan penelitian tentang pembuatan plester tersebut dikarena Food and Agri cultural Organization (FAO) menyatakan Indonesia dan Malaysia adalah produsen dan eksportir minyak sawit terbesar di dunia. Mereka melihat bahwa pemanfaatan kelapa sawit di Indonesia belum optimal karena tandan kosong kelapa sawit masih dianggap sebagai limbah sehingga perlu untuk memanfaatkannya sebagai bahan dasar pembuatan hydrogel . 

Selain itu, mereka juga mengkombinasikannya dengan ikan sidat, hal ini bukan tanpa alasan, mengingat ikan tersebut mengandung albumin tinggi yang digunakan untuk komponen pembuatan hydrogel. 

“Jadi selama ini hanya diambil sawitnya saja, sedangkan tandan kosong kelapa sawit hanya jadi limbah dan dibiarkan begitu saja, paling digunakan menjadi arang. Makanya saya dan tim memiliki inisiatif untuk mengubah tandan kosong kelapa sawit untuk dibuat plester luka dengan tambahan albumin dari ikan sidat yang memiliki khasiat cepat menyembuhkan luka,” ungkap Fithri. 

Sementara itu, terkait cara penggunaan Pulo sakti sangat sederhana, hanya dengan menempelkan plester pada bagian luka. Sebelumnya luka dibersihkan dengan air atau alkohol untuk meng hilangkan kotoran dan darah.