Rasulullah SAW Menganjurkan Kepada Umat Islam untuk Buka Puasa Bersama

Rasulullah SAW Menganjurkan Kepada Umat Islam untuk Buka Puasa Bersama

LADUNI.ID, Beragam ajakan buka bersama mulai dari teman SD hingga geng arisan pun bermunculan. Bulan Ramadan dijadikan momen untuk bersilaturahmi dengan kawan lama melalui buka bersama.

Berbuka dengan makan bersama sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat dan berkah.

Keberkahan makan bersama-sama ini didukung oleh hadis riwayat Abu Dawud mengenai percakapan Nabi Muhammad dengan para sahabat. Dalam hadis itu diriwayatkan para sahabat bertanya, 'mengapa makan tidak kenyang?' 

Rasulullah SAW pun balik bertanya, 'Apa kalian makan sendiri-sendiri?' Para sahabat pun menjawab, 'iya.' Rasulullah lalu menyarankan para sahabat untuk makan bersama.

"Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua." 

Sahabat Rasulullah juga pernah menyebut bahwa Rasulullah tidak pernah makan sendirian. Rasulullah juga pernah mengatakan bahwa sebaik-baiknya makanan adalah yang dimakan dengan banyak tangan.

Berkah yang didapat dengan buka dan makan bersama meliputi rasa kebersamaan dan menjalin komunikasi dengan sesama manusia.

Ada kebersamaan, rasa syukur, silaturahmi, dan interaksi atau komunikasi langsung antarmanusia.

Meski dianjurkan untuk buka bareng dan makan bersama, kegiatan ini bisa juga mendatangkan mudarat jika dilakukan menyalahi ketentuan Islam. Misalnya, seperti mengisi buka bersama dengan gibah atau membicarakan keburukan orang lain. 

Komunikasi yang dilakukan saat buka bersama sebaiknya yang mempererat silaturahmi dan mendatangkan manfaat bagi sesama. 

DIsamping itu, saat makan bersama juga dianjurkan untuk saling berbagi. Islam juga tidak memperbolehkan makan secara berlebihan karena akan mubazir.