Sejumlah Buah yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

 
Sejumlah Buah yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

 LADUNI.ID, Jakarta - Bulan ramadhan merupakan bulan yang suci dan penuh berkah. Di bulan ini para umat islam akan berpuasa selama satu bulan penuh. Banyak yang memanfaatkan bulan suci ini sebagai bulan untuk berubah menjadi lebih baik, baik dari segi perbuatan maupun gaya hidup menjadi lebih sehat.

Pola hidup sehat dapat dimulai dari makanan yang kita konsumsi dan melakukan aktivitas-aktivitas yang baik seperti olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, berpikir positif dan lain-lain. 

Mengkonsumsi buah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pola hidup yang sehat. Kurangnya konsumsi buah dapat mengakibatkan beberapa hal buruk terhadap kesehatan, seperti kulit menjadi lebih cepat keriput, kurang serat, sembelit dan lain-lain.

Seperti dikutip dari Business Insider,  berikut terdapat beberapa jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi saat berbuka maupun sahur selama bulan Ramadhan : 

1. Kurma
Kurma merupakan buah sangat populer selama bulan ramadhan. Buah ini mengandung segudang manfaat bagi kesehatan. Kurma kaya akan vitamin, mineral, energi, gula dan serat. Saat sahur, kurma juga sangat baik dikonsumsi untuk membantumu kenyang lebih lama.

2. Semangka  

Semangka adalah buah yang mudah didapatkan di Indonesia. Semangka juga merupakan sumber serat dan kaya akan air untuk memenuhi kebutuhan cairan yang sempat hilang saat berpuasa.

3. Mentimun
Mentimun meruakan buah yang sering dijadikan menu saat berbuka puasa karena rasanya yang manis dan menyegarkan dapat mengembalikan dehidrasi selama berpuasa. Kandungan air dan serat yang banyak juga bisa membantu pencernaan saat berbuka agar mencegahmu dari perut buncit. Mentimun juga bebas kolesterol serta lemak jenuh, kaya akan vitamin K, B6, dan zat besi.

4. Pisang
Pisang diketahui kaya akan potasium, protein dan serat diet, pisang sangat baik untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh dan mengatur gerakan nutrisi serta produk buangan masuk dan keluar sel tubuh. Pisang juga sumber sehat untuk energi, menurunkan kadar stres, meningkatkan mood dan juga bisa menghilangkan rasa mulas.

5. Pepaya
Buah pepaa juga diketahui mengandung kaya akan serat, rendah kalori, memiliki kandungan gula yang tidak banyak. Selain iu, pepaya juga dapat membantu mengembalikan nutrisi pada rambut.