Hati-hati, LED Bisa Bikin Retina Mata Mengalami Penuaan!

Hati-hati, LED Bisa Bikin Retina Mata Mengalami Penuaan!

LADUNI.ID, Sebagai teknologi generasi terbaru, Teknologi LED sering dipuji untuk bisa diandalkan dalam pengembangan display dan jenis pancaran cahaya. 

Beberapa keuntungan menggunakan LED, antara lain lebih sedikit mengonsumsi daya ketimbang lampu pijar biasa, dan untuk display, konsumsi daya lebih rendah akan membuat perangkat lebih awet baterai. 

Namun, menurut laporan French Agency for Food, Environment and Occupational Health and Safety (ANSES), ada dampak yang kurang baik terhadap kesehatan yakni cahaya LED menyebabkan mata rusak permanen. 

Laporan yang dipublikasikan ANSES menjelaskan bagaimana LED berpotensi 'photo-toxic' yang menyebabkan hilangnya sel retina dan mengurangi ketajaman penglihatan. 

ANSES juga mengatakan, paparan cahaya LED dalam intensitas sering bisa mempercepat penuaan jaringan retina. 

Hal ini mengakibatkan penurunan ketajaman visual dan penyakit degeneratif tertentu seperti degenerasi makula terkait usia. 

Ini bukan kali pertamanya cahaya dari perangkat yang sering kita gunakan diketahui bisa menimbulkan gangguan penglihatan. 

Sebelumnya, sebuah studi mengungkapkan cahaya biru dari smartphone tak hanya bisa mempercepat kebutaan tetapi juga mengacak-acak pola tidur kita.

Untuk diketahui, Diode pancaran cahaya (bahasa Inggris: light-emitting diode; LED) adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.