Seorang Pria Nekat Memanjat Menara Eiffel

 
Seorang Pria Nekat Memanjat Menara Eiffel

LADUNI.ID, Paris - Sebuah aksi mengerikan kembali terjadi di menara Eiffel Paris, Prancis. Kali ini, seorang pria yang nekat memanjat Menara Eiffel hingga mencapai titik di bawah platform pemantauan. Para petugas penyelamat membutuhkan waktu berjam-jam untuk membujuk pria itu turun dari menara setinggi 324 meter tersebut. Selama proses negosiasi berlangsung, menara Eiffel ditutup sementara dan para pengunjung lainnya terjebak di atas menara. Ruas jalanan di dekat Eiffel juga turut diblokir akibat insiden ini. Setidaknya situasi yang  menegangkan tersebut berlangsung selama lebih dari tujuh jam, sebelum pria itu berhasil diamankan petugas dan diserahkan ke polisi setempat.

Seperti dilansir  dari CNN, Selasa (21/5), aksi tersebut terjadi pada senin (20/5) dan sempat memicu penutupan menara ikonik di Prancis itu selama beberapa jam.

Adapun motif pria tersebut melakukan aksinya tidak diketahui pasti. Operator menara itu menyatakan dia awalnya masuk ke dalam Eiffel secara wajar sebelum memanjat pagar keamanan di lantai dua dan berlanjut memanjat ke bagian luar menara.

Sebelumnya, insiden yang terjadi pada Senin (20/5) waktu setempat bukan yang pertama kali. Tiga orang kedapatan memanjat Menara Eiffel tahun 2015 lalu. Kemudian tahun 2010, Menara Eiffel dievakuasi dua kali karena ancaman bom. Usai teror mematikan di Paris tahun 2015, Menara Eiffel sempat ditutup selama dua hari. Tahun 2017 lalu, sebuah tembok kaca pelindung berukuran tebal 65 mm dan antipeluru dipasang di sekitar dasar menara untuk meningkatkan keamanan.

Menara yang diberi nama sesuai perancang dan pembangunnya, Gustave Eiffel, akan dibuka kembali untuk umum pada Selasa (21/5) waktu setempat.
Menara ini tercatat sebagai menara paling diakui di dunia, sehingga Setiap tahunnya, hampir 7 juta orang datang mengunjungi Menara tersebut.
Sementara itu, proses pembangunannya dilakukan antara tahun 1887 hingga 1889 silam dan memiliki ketinggian setara gedung 81 lantai dengan ketinggian 324 meter.