Sebongkah Emas Seharga Rp 1 M Ditemukan oleh Pria Australia

 
Sebongkah Emas Seharga Rp 1 M Ditemukan oleh Pria Australia

LADUNI.ID, Canberra - Seorang pria Australia yang merupakan seorang pemburu emas menemukan bongkahan emas seberat 1,4 kilogram. Bongkahan tersebut ditemukan dengan menggunakan detektor logam di ladang emas di Australia, tepatnya di areal tanaman saltbush, kira-kira 45 cm di bawah permukaan tanah. Kejadian tersebut menjadi heboh, setelah sebuah toko di Kota Kalgoorlie membagikan foto-foto bongkahan emas itu di sebuah situs online, yang nilainya diperkirakan sekitar AU$100.000 atau setara Rp1 miliar.

Seperti dilansir dari BBC, Pria tidak dikenal itu adalah warga lokal yang berpengalaman dan memiliki hobi memburu emas, kata pemilik toko, Matt Cook.

Selain itu, Temuan emas dalam ukuran sebesar ini diketahui juga pernah terjadi beberapa kali dalam setahun. Sekitar tiga perempat dari penambangan emas di Australia, hasilnya berasal dari sekitar wilayah Kalgoorlie.

Terkait hal tersebut, Prof Sam Spearing, selaku pimpinan Sekolah Pertambangan Australia Barat di Universitas Curtin mengatakan bahwa, Jejak penemuan emas dalam ukuran lebih kecil banyak ditemukan di kawasan tersebut.

"Dengan adanya aktivitas penambangan, banyak orang menjadi pemburu emas yang mengharapkan keberuntungan di setiap akhir pekan. Mereka menjalaninya mirip hobi. Sementara, ada orang lain yang melakukannya secara penuh waktu, dan Sebagian besar emas yang ditemukan ukurannya kurang dari setengah ons, tetapi mereka cukup sering menemukannya." terang Prof Spearing.