Mengintip Budaya Timur Indonesia

Mengintip Budaya Timur Indonesia

LADUNI. ID, BUDAYA - Salah satu propinsi di kawasan timur Indonesia yang terkenal kaya dengan budaya bernama Makassar. Daerah ini merupakan salah satu kota terbesar di Sulawesi yang memiliki potensi wisata sangat beragam. Berada di pinggiran pantai, kota ini memiliki banyak pantai, laut, hingga pulau kecil yang bisa dijelajahi oleh pelancong

Suru Maca

Kalau di Jawa ada Megengan, di Makassar ada Suru Maca. Upacara tradisional yang menggunakan unsur Islam ini dilakukan menjelang bulan puasa. Biasanya beberapa orang akan berkumpul untuk mendoakan para leluhur yang sudah mendahului. Selanjutnya mereka juga makan bersama dengan hidangan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Rambu Tuka

Rambu Tuka adalah pesta besar yang dilakukan oleh rumpun keluarga ketika ada acara pernikahan, pergantian atap tongkonan, atau syukuran setelah panen. Acara ini akan diisi dengan nyanyian dan tarian oleh anggota keluarga

Karena Rambu Tuka tidak selalu dilakukan, momen ini sangat dinantikan oleh banyak orang. Pasalnya dengan upacara ini, semua keluarga bisa berkumpul setelah lama terpisah.

Ma’nene’

Masyarakat Toraja menyimpan jenazah leluhur dan sanak saudara di dalam peti. Jenazah biasanya akan awet dan tidak akan membusuk. Setiap setahun sekali, jenazah akan dikeluarkan untuk dibersihkan, diganti bajunya, dan dirias seperti layaknya orang yang masih hidup

Tradisi ini menjadi daya tarik semua orang yang ingin datang ke Makassar. Bahkan, masyarakat internasional mengakui keunikan budaya ini.

Inilah beberapa ulasan tentang tradisi unik di Makassar. Kalau Anda ingin melihatnya, segera pesan tiket pesawat ke Makassar. Salah satu yang jadi rekomendasi adalah tiket Citilink.

Anda bisa memesan semua tiketnya langsung di aplikasi atau website Airy. Dengan memesan tiket di sana, semua transaksi yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengecewakan. Terpenting lagi semua transaksinya aman dan bebas penipuan.