STIT NU Al Farabi Pangandaran

 
STIT NU Al Farabi Pangandaran

PROFIL
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul ‘Ulama Al Farabi Pangandaran adalah lembaga pendidikan Tinggi atau Perguruan Tinggi yang sudah resmi berdiri sejak tahun 2014 dengan nomor SK. KEMENAG RI No. 7052. Dengan ini, STIT NU Al Farabi berani mengibarkan bendera sebagai perguruan tinggi yang pertama resmi di Kab. Pangandaran. STIT NU Al Farabi memunyai dua jurusan, yaitu:

  1. Manajemen Pendidikan Islam
  2. Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Menilik sejarah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Farabi Pangandaran, STIT NU Al Farabi Pangandaran diinisasi tahun 1983 oleh K. H. Ahmad Tajudin. Beliau adalah seorang ahli mantiq yang melahirkan generasi-generasi qurani; mampu menganalisa Quran, Hadits, Ijma’ dan Qiyas dalam berbagai perspektif, khususnya kebahasaan. Sebagaimana Al Farabi sebagai ulama yang eksis di bidang ilmu logika, begitulah Perguruan Tinggi  ini di namai Al Farabi, karena Al Farabi adalah seorang tokoh di bidang logika dan semoga kelak almuni STIT NU Al Farabi menjadi individu yang unggul sebagaimana Al Farabi.

Di Kab. Pangandaran, dulu Ciamis, K. H. Ahmad Tajudin mendirikan pesantren yang dinamai dengan Riyadusharfi Wal Mantiq. Pesantren ini adalah pesantren terbesar dan tertua di Kab. Pangandaran dengan lulusan yang tersebar diseluruh pelosok negeri. K. H. Ahamd Tajudin sebagai sosok yang visioner, beliau mampu membaca jaman dan mengisi jaman dengan pemikiran yang tepat daya dan tepat guna, walau memang pada waktu itu pemikiran untuk mendirikan perguruan tinggi tidak serta merta direalisasikan dan baru diwujudkan tahun 2014 oleh keluarga dan satri-santrinya.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Farabi Pangandaran berkoordinasi dengan Nahdlatul Ulama dalam pengembangan perguruan tinggi. Sebagai ormas islam yang moderat dan mengakar di kalangan masyarakat Pangandaran, tentu perguruan tinggi ini lahir dari pemikiran masyarakat untuk masyarakat. Bagaimana warga Nahdliyin mempunyai wadah untuk mempelajari ilmu agama dan sains secara bersamaan, disitulah Al Farabi bersinerg dengan Nahdaltul Ulama.

Kabupaten Pangandaran sebagai kabupeten baru di Jawa Barat tentu harus diisi oleh orang-orang yang unggul dari segi ilmu pengetahuan dan kuat secara spiritual.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Nahdaul ‘Ulama Al Farabi Pangandaran dengan program studi Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, kini menjadi kekuatan bagi masyarakat dalam mengelola pendidikan di Kab. Pangandaran. Minat masyarakat pada Manajemen Pendidikan sangat tinggi, hal ini dapat dibuktikan  dengan tinggi permohonan masyarakat dalam penyelenggaraan seminar dan workshop dalam bidang manajemen pendidikan islam dalam bidang pendidikan. Selain itu, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, tidak hanya menyentuh pendidikan formal maupun non-formal namun  jua informal. Pendidikan keluarga, pendidikan tentang perempuan, anak-anak, keluarga – baik melaui seminar, workshop, pengajian, sosialisasi – terus diminta dan diminiti oleh masyarakat melaui prgram smart parenting. Dalam hal ini, STIT NU Al Farabi Pangandaran bersama mewujudkan Nawacita Presiden Republik Indonesia.

PROGRAM STUDI (PRODI)
1. Manajemen Pendidikan Islam  (MPI)
2. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

ALAMAT
Jl. Raya Cigugur, KM. 03, Kompleks Pesantren Babakan Jamanis Kel. Karangbenda, Kec. Parigi, Karangbenda,Parigi, Pangandaran
 Telepon:   +62812 1635 7010 / +6285222638382
Kode Pos: 46393
Email: info@stitnualfarabipangandaran.ac.id
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://www.stitnualfarabipangandaran.ac.id

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id