Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember

Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember

Profil
Pondok Pesantren Nurul Qarnain pada awalnya bernama Pondok Pesantren Darul Ulum, tepatnya pada tahun 1974 di ganti dengan nama Ponpes Nurul Qarnain dengan dinisbatkan pada mbah buyut yang bernama Dzulqarnain. Cikal  bakal  dari ponpes ini bermula dari kelompok pengajian kecil (anak-anak) yang bertempat di surau. Namun pada tahun 1968 KH. Yazid Karimullah mulai merintis Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah yang berbentuk klasikal.

Usaha pengembangan Pondok Pesantren berupa bangunan fisik terus dilakukan, sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan yang dimiliki yayasan. Prioritas utama adalah bangunan Pondok Pesantren dan penambahan local kelas untuk menambah kemampuan daya tampung siswa atau santri yang belajar.
Sedang untuk kedepan, pengembangan jenjang pendidikan diharapkan dapat menyelenggarakan pendidikan Perguruan Tinggi serta santri mampu berbahasa asing (Arab, Inggris, Prancis dan China) sebagai sarana komonikasi setiap hari. Hal tersebut menjadi program jangka panjang yang selalu dicanagkan untuk terus diupayakan perwujudannya dalam program program yang disusun.

Riwayat Pengasuh:
1. KH. Yazid Karimullah

Sofiyan Hadi, Lc., MA. dan Khadijah Al Hafidhah

Read more
tanggal : 31 Oktober 2018
Judul : Al Mawaddah Kudus Raih Anugerah Pesantren Entrepreneur Inspiratif 2018
Link : http://isknews.com/al-mawaddah-kudus-raih-anugerah-pesantren-entrepreneur-inspiratif-2018/
2.

Pendidikan
Ciri khas yang dimiliki oleh ponpes Nurul Qarnain adalah melaksanakan  pendidikan dengan kurikulum terpadu, penguasaan ilmu agama serta mahir dalam membaca kitab kuning, trampil dalam bidangnya, hidup mandiri ditengah masyarakat.

Proses belajar mengajar ke pesantrenan dilaksanakan pada sore hari dan malam hari setelah sekolah formal berlangsung, adapun kitab yang dipakai antara lain: Amtsilati, Jurmiyah, Fathul Qarib, Fathul Mu’in, Tafsir Jalalain, Tafsir Munir, Bidayatul Hidayah, Safinatun Najah, Riyadhus Sholihin, Mutammimah, Kawakib al Durriyah, Alfiyah Ibnu Malik, Bughiyah al Mustarsyidin, Ghayatul Wusul.

Pendidikan  Formal
  1. TK/RA
  2. MI
  3. MTs
  4. MA

Pendidikan Non Formal
1. Madrasah Diniyah
2. Majlis Ta’lim
3. Lembaga Pengembangan Bahasa
4. Lembaga Pengembangan Ketrampilan

Fasilitas
Pondok pesatren berdiri di atas tanah seluas 3Ha keadaan bangunan antara lain Asrama 40 kamar , Gedung TK/RA. 3 lokal, MI 8 lokal, MTs 6 lokal, MA 8 lokal, 1 Masjid, Surau 1, perkantoran 5 lokal, Labotorium Kumputer 1 lokal, Perpustakaan 1 lokal, Auditorium 1 lokal, Koperasi 2 (Putra putri) MCK 20 kamar (laki dan perempuan), Tempat pelatihan Agrobosnis terdiri 1 ruang pertemuan, 5 kamar tempat penginapan. 4 lokasi peternakan ayam petelur

Ekstrakurikuler
Kegiatan Extrakurikuler antara lain Kursus Komputer, Peternakan, Menjahit, PMR, Pramuka, Seni Islami, Da’wah dsb.

Alamat
Jl. Imam Sukarto No. 60 Baletbaru Sukowono Jember. Po . Box. 68194
Kode Pos:  68194
Telepon: (0331) 567126 – 566369
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://nurulqarnain.ponpes.id

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Alumni Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember