Kikuk Saat Jadi Mahasiswa Magang

Kikuk Saat Jadi Mahasiswa Magang


Assalamu’alaikum wr wb.
Halo mbak Nur, salam kenal. Saya Wanda, 21 tahun. Saat ini saya sedang menjadi mahasiswa magang di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang developer. Kegiatan magang saya ini akan berlangsung selama tiga bulan. Sebelumnya saya sangat bersemangat untuk magang. Namun, saya sedikit shock mengetahui bahwa ternyata karyawan-karyawan yang menjadi tim saya semuanya laki-laki. Saya sedikit kikuk dan merasa karyawan-karyawan tersebut bersikap kaku.

Sepertinya mereka kurang berkenan mengajari saya, sehingga setelah satu minggu magang, saya tidak mengalami perkembangan apapun. Perusahaan tempat saya magang merupakan perusahaan yang besar, sehingga sering mendapatkan proyek-proyek yang besar pula. Saya mengalami kecemasan, jika suatu saat mendapatkan proyek di mana saya belum cukup mumpuni menangani proyek tersebut. Apa yang harus saya lakukan ya mbak ? Terima kasih sebelumnya.
Wassalamualaikum wr wb.

Wanda di Jakarta

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam Wanda.
Saat ini kamu sedang memasuki tahapan belajar penerapan ilmu yang kamu dapat di bangku kuliah. Magang ini juga bisa menjadi ajang promosimu sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya, apalagi perusahaan tempatmu magang merupakan perusahaan yang besar. Mahasiswa magang dituntut untuk cepat beradaptasi dan cepat belajar menghadapi situasi kerja yang sebenarnya. Mahasiswa magang juga sering mengalami, tekanan dari senior karena dianggap masih baru dan belum berpengalaman.

Wanda saat ini mengalami kecemasan terkait anggota tim yang semuanya laki-laki, yang membuatmu mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan kehilangan kepercayaan diri terhadap kemampuanmu. Wanda telah melakukan hal yang tepat dengan segera berkonsultasi sebelum kesulitanmu semakin meluas. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini:

1. Bersikap Proaktif
Bersikap proaktif akan membuatmu menjadi orang yang diperhitungkan, karena mereka akan menyadari keberadaanmu. Cari tahu apapun tentang perusahaan tempatmu magang, misalnya budaya kerjanya, sistem pemasarannya. Beranilah dalam mengungkapkan pendapatmu, mintalah feedback dari tugas yang telah kamu selesaikan.

2. Ketahui Detil Tugas
Magang yang kamu jalani saat ini adalah bagian dari tugas belajar yang diberikan pihak kampus, sehingga tidak perlu kuatir jika melakukan kesalahan. Penting untuk mengetahui detil tugasmu untuk meminimalisir kesalahan.  

3. Bertanya jika mengalami kesulitan
Pentingnya mengetahui detil dari tugasmu, membuatmu untuk terus belajar. Pekerjaan atau proyek yang akan kamu kerjakan memiliki pengaruh terhadap reputasi perusahaan tempatmu magang, jadi bekalilah dirimu dengan ilmu yang matang. Apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti, sampaikan pada pembimbing lapanganmu.

4. Bersikap profesional
Apabila teman satu tim menganggap remeh karena perbedaan gender, maka saat inilah membuktikan bahwa kamu bisa melaksanakan tugas-tugas dengan baik. Tunjukkan kepribadian terbaikmu. Hindari kesan bahwa anak magang terlalu santai, suka datang terlambat, tidak sopan dan tidak tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

5. Bangun jaringan pertemanan
Membangun jaringan pertemanan adalah hal yang harus kamu lakukan saat magang. Kamu bisa menilai orang dalam satu tim yang lebih terbuka saat berkomunikasi. Ia bisa menjadi kunci agar kamu bisa belajar lebih banyak hal dan mencairkan suasana tim. Ingat kata pepatah

“Tak kenal maka tak sayang.”

Selain itu, jaringan pertemanan ini sangat penting untuk membuka pintu karirmu kelak.
Jangan pernah menyerah, siapa tahu hal kecil yang kamu lakukan akan mengantarkanmu pada pintu kesuksesan. Tetap semangat.

Wassalamualaikum wr wb

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun