Masjid Islamic Center Rijeka Menjadi Pusat Kebudayaan Islam di Kroasia

 
Masjid Islamic Center Rijeka Menjadi Pusat Kebudayaan Islam di Kroasia

LADUNI.ID, Jakarta – Bagi treveler asal Indonesia, nama Masjid Islamic Center Rijeka mungkin masih terdengar asing. Pasalnya belum banyak orang Indonesia yang berkunjung atau bahkan mengulas masjid ini secara lebih mendalam.

Akan tetapi, begitu Anda mengunjunginya dijamin Anda akan jatuh cinta dan ingin mengunjunginya lagi. Masjid ini menghadap ke sebuah teluk dan merupakan masjid pertama yang menghadap ke Laut Adriatik di Rijeka, Kroasia. Waw!

Masjid ini merupakan pusat kegiatan Islam yang ada di Negara Kroasia. Ia berada di kota pelabuhan Rijeka, tepatnya berlokasi pinggir laut pelabuhan tersebut.  Julukan bagi masjid ini adalah Masjid Pertama di Laut Adriatik sejak Kerajaan Turki meninggalkan pantai Rijeka 500 tahun lalu.

Futuristik dan Artistik

Masjid Islamic Center Rijeka memiliki tampilan futuristic dengan 5 bagian terpisah yang menjadi satu kubah besar. Bahan utamanya dibuat dari baja dan beton yang menunjukkan nilai futuristik dan Artistik, sebagai hasil karya dari sang arsitek, Dusan Dzamonja.

Sementara itu, masjid ini juga memiliki menara yang dibangun dengan desain spiral, yang tinggi menara ini mencapai 23 meter. Di atas menara itu terdapat lampu yang bahkan bisa disaksikan hingga ke Teluk Kvarner. Padahal teluk ini berada di dekat Krk Island yang ada di seberang lautan.

Bagi traveler yang mengunjungi masjid Islamic Center in Rijeka ini akan ditawarkan dengan keluasan masjid mencapai 10.000 meter persegi dengan daya tampung 1.400 jamaah. Di dalamnya terdiri dari 4 lantai yang bahkan terpisah dari ruang utama shalat.

Sungguh menakjubkan. Pantaslah jika masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Kroasia.

Selain yang telah disebutkan di atas, masjid ini juga memiliki ruangan-ruangan khusus seperti ruang kuliah, taman kanak-kanak, ruang makan, perpustakaan, ruang tamu, parkir, dan kafetaria. Bahkan masjid ini juga dilengkapi dengan lapangan olahraga dan aula sebaguna lho.

Sahabat Laduni.id kalau ke Kroasia, jangan lupa mampir di Masjid Islamic Center Rijeka ini ya.