Jupiter dan 4 Satelitnya "Menampakkan Diri" Karena Mencapai Titik Terdekat Dengan Bumi

Jupiter dan 4 Satelitnya

LADUNI.ID, Planet Jupiter, merupakan planet terbesar di tatasurya kita yang berada tepat di sisi luar Mars, pada 10 Juni kemarin mencapai titik terdekatnya dengan Bumi dan bahkan ia bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi.

Tetapi NASA memberikan fakta menarik lainnya tentang Jupiter sebagaimana diberitakan Selasa (11/6/2019),

Menurut lembaga antariksa Amerika Serikat itu, jika dalam kondisi mendukung, termasuk saat cuaca cerah, kita di Bumi juga bisa melihat empat bulan atau satelit di sekeliling Jupiter dengan menggunakan teropong atau teleskop.

Tidak itu saja, NASA juga memberitakan bahwa awan berpita yang mengeliling Jupiter juga bisa terlihat. Menurut mereka, Jupiter mencapai jarak terdekat dengan Bumi pada tahun ini.

Jupiter yang tercatat punya 53 satelit natural atau bulan. Menurut para astronom bahwa bulan yang mengelilingi Jupiter berjumlah 79, namun belum semuanya teridentifikasi.

Pada kesempatan ini, penduduk Bumi hanya bisa mengamati empat satelit besar yang mengelilingi Jupiter, yaitu Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Keempat satelit itu pertama kali ditemukan oleh astromom dan fisikawan ternama Italia, Galileo Galilei, pada tahun 1610.

Informasi yang beredar, Jupiter dapat diamati hingga Juli 2019. Namun, puncak paling terangnya diprediksi pada 10 Juni 2019 kemarin.

Jika ingin melihat kenampakan Jupiter, sangat dianjurkan untuk mencari tempat yang terhindar dari polusi cahaya dan udara. Selain itu, cuaca juga mempengaruhi seberapa terang atau jelas Jupiter terlihat dari Bumi.