Ketika Nabi Musa AS Mengalami Sakit Gigi

 
Ketika Nabi Musa AS Mengalami Sakit Gigi

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana dikisahkan dalam sebuah hikayat, bahwa Nabi Musa 'Alaihi Salam pernah mengalami sakit gigi. Beliau pun mengadukan rasa sakitnya kepada Allah SWT. Maka Allah SWT memerintahkan Beliau untuk mengambil sejenis rumput di tempat yang telah ditentukan untuk diletakan di atas giginya yang sakit. Nabi Musa AS pun melaksanakan apa yang diperintahkan, dan rasa sakitnya langsung hilang seketika.

Suatu hari sakit gigi Nabi Musa AS kembali kambuh. Tanpa berpikir panjang, Beliau langsung mengambil rumput yang dahulu pernah Beliau coba sebelumnya. Namun, bukannya sembuh sakit gigi Nabi Musa malah bertambah parah. Maka Nabi Musa pun kembali mengadu kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya:

“Wahai Tuhan-ku, bukankah Engkau pernah memberitahukanku untuk berobat dengan rumput itu? Mengapa sekarang rumput itu tidak dapat menyembuhkanku?”

Allah SWT mendengar aduan Nabi Musa. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, “Wahai Musa, Akulah yang memberi kesembuhan, memberi kesehatan, memberi manfaat dan memberi malapetaka. Dahulu ketika engkau sakit, engkau langsung mengingat-Ku dan meminta tolong kepada-KU maka Aku hilangkan penyakitmu. Namun kini, ketika engkau sakit, engkau tidak segera berharap kepada-Ku, engkau berharap dan meminta pertolongan kepada rumput itu, maka Aku pun tidak menghendaki rumput itu bermanfaat untuk gigimu“.

Dari kisah ini, kita dapat memahami bahwa segala kebaikan, keburukan, manfaat dan bahaya, itu semua ada dalam kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Maka sepatutnya kita sebagai hamba Allah untuk tidak bergantung kepada siapa pun selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala, tidak berharap dan takut kepada siapa pun kecuali Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Wallahu A'lam Bishshawab