Cara Sehat Lewat Shalat

Cara Sehat Lewat Shalat

LADUNI.ID, Jakarta - Shalat merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang yang merasa dirinya Islam, karena hukum mengerjakan sholat adalah Fardhu 'Ain dan wajib dilakukan dimana dan kapan saja sesuai yang dianjurkan oleh Agama Islam. Dalam keadaan apapun sholat harus dilaksanakan, keadaan sakit, sehat, dalam perjalanan dan lain-lain. Sholat dilaksanakan 5 waktu dalam sehari.

Di dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji Ala Madzhab Al-Imam Asy-Syafii karya Dr. Mustafa Al-Bagha, Mustafa Al-Khan, dan Ali Asy-Syarbaji dikatakan sebagai berikut.

قال ابن عباس رضي الله عنهما: أراد بقوله: { حين تمسون } : صلاة المغرب والعشاء، { وحين تصبحون } : صلاة الصبح، { وعشياً } : صلاة العصر، { وحين تظهرون } صلاة الظهر.

Ibnu Abbas r.a. (sahabat Rasulullah saw. yang mendapatkan julukan Tarjumanul Qur’an/penerjemah Al-Qur’an dan ahli tafsir) mengatakan bahwa yang dimaksud firman Allah swt. (Hiina tumsuuna/pada petang hari) adalah shalat Maghrib dan shalat Isya’, firman (Hinna tushbihuuna/pada pagi hari) adalah shalat Shubuh, (wa Asyiiyyan/malam hari) adalah shalat Ashar, dan firman (wa hiina tudhiruun/pada waktu Zuhur) adalah shalat Dhuhur.

Dalam Al-Quran disebutkan

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (Q.S. An-Nisa/4: 103)
Shalat itu dilakukan tidak sembarang waktu khususnya shalat wajib, ada waktu-waktu khusus melaksanakannya.

Selain kewajiban seorang Hamba kepada sang Pencipta, sholat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan bagi yang melaksanakannya, sehat dalam perilaku, sehat jasmani dan Rohani.

Pertama, Syarat sholat adalah bersih dan suci dari hadats kecil maupun besar, ini mengisyaratkan perlunya pola hidup bersih, karena kita tahu bersih itu pangkal dari kesehatan.

Dalam Al-Quran disebutkan:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al-Maidah,6)

Kedua, Gerakan Sholat yang teratur dan menyeluruh memberi dampak langsung terhadap kelancaran peredaran darah. seperti halnya senam dilaksanakn secara benar, akan menghasilkan badan yang bugar dan sehat begitu sebaliknya jika dilakukan dengan cara yang tidak benar maka hasilnya sebaliknya.

Ketiga, diantara hikmah sholat adalah hidup bahagia. Dalam Al-Quran disebutkan:

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ

Referensi: https://tafsirweb.com/37743-surat-al-mukminun-ayat-1-11.html

قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ‏ ﴿1﴾ الَّذِيۡنَ هُمۡ فِىۡ صَلَاتِهِمۡ خَاشِعُوۡنَ ۙ‏ ﴿2﴾ وَالَّذِيۡنَ هُمۡ عَنِ اللَّغۡوِ مُعۡرِضُوۡنَۙ﴿3﴾

Artinya: Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam salatnya, dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna,( QS. Almu'minum 1-3)

Orang yang khusu' dalam sholatnya menjadikan mereka dapat mengingat Allah sepanjang masa dan akan mendatangkan ketenangan dalam hidupnya, dan ketenagan inilah yang menghantarkan seseorang untuk mencapai kebahagiaan

Keempat, Dengan sholat terbiasa dengan perilaku hidup sehat dan melatih untuk disiplin.
Dengan demikian sholat merupakan ibadah yang mempunyai hikmah sangat besar untuk memelihara jiwa, raga atau fisik kita.

 

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

Referensi: https://tafsirweb.com/37743-surat-al-mukminun-ayat-1-11.html