Dampak Perkembangan Teknologi Smartphone Bagi Anak-anak

 
Dampak Perkembangan Teknologi Smartphone Bagi Anak-anak

LADUNI.ID, Jakarta - Saat ini, Teknologi di dunia semakin canggih dan maju seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu alat teknologi yang saat ini terus dikembangkan adalah smartphone. Bisa dikatakan hampir semua orang di dunia memilik dan menggunakan smartphone. Bahkan, tidak jarang anak-anak di bawah umur juga sudah ahli menggunakan smartphone. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam smartphone memiliki sejumlah fitur-fitur yang canggih dan beragam. Namun jangan salah, fitur-fitur canggih ini bisa berdampak  buruk juga bagi anak-anak. 

Salah satu yang paling populer saat ini seiring berkembangnya teknologi smartphone adalah game online. game online mampu menjadi boomerang negatif jika dimainkan terus-menerus oleh anak-anak tanpa aturan.  

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa anak-anak yang terpapar dengan game online yang mengandung kekerasan juga lebih cenderung mengikuti di dunia nyata. Hal ini dikutip dari laman News 18, Minggu (16/6/2019). 

Selanjutnya, Studi yang diterbitkan oleh JAMA Network Open Journal ini juga mengamati efek video game dengan senjata pada perilaku anak-anak ketika mereka menemukan senjata dalam kehidupan nyata. 

Objek dari penelitian tersebut adalah anak-anak berusia antara 8-12 tahun yang ditugaskan untuk memainkan tiga versi berbeda dari permainan Minecraft.

Hasil dari penelitian ini menebutkan bahwa Hampir 62 persen dari 76 anak-anak yang bermain video game dengan senjata menyentuh senjata dari 220 anak yang menemukan senjata saat bermain. Hal ini dikemukakan oleh tim dari Ohio State University di Amerika Serikat.