Doa Penglaris Dagangan dari Nabi Sulaiman

 
Doa Penglaris Dagangan dari Nabi Sulaiman

LADUNI.ID, Jakarta - Menjadi pedagang yang sukses merupakan impian bagi semua orang yang berprofesi sebagai pedagang, pedagang yang sukses ditandai dengan banyaknya permintaan dari pembeli.

Bedagang merupakan suatu aktivitas usaha yang paling diminati oleh semua orang bahkan Nabi Muhammad merupakan seorang pedagang yang sangat handal dengan cara yang benar dan halal, oleh karena itu Nabi Muhammad SAW sangat mengharapkan pada pedagang untuk bisa berdagang dengan cara yang benar dan halal.

Perintah ini kemudian di catat oleh Ibnu Majah dalam hadits shohih yang berbunyi, “berdaganglah kalian dengan jujur dan amanat, niscaya orang-orang yang jujur dan orang-orang yang mati syahid akan bersama dengan Nabi” (HR. Al-Hakim dan Tirmidzi).  

Dalam kenyataannya tidak semua orang bisa sukses dalam berdagang, untuk menjual barang dagangan pun bukan pekerjaan yang mudah,di tengah sengitnya persaingan di dunia perdagangan atau sektor usaha lain sehingga usaha yang  jalani terus mengalami kerugian.

Usaha atau berdagang semua harus dikerjakan dan diniatkan untuk mencari Ridha Allah SWT untuk mendapatkan berkah-Nya dan rezeki bagi diri sendiri dan keluarga, memohon ridha ini biasanya dilakukan dengan banyak berdoa dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman dalam surat An-Nahl  

وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْأَرُونَ

Artinya "Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya-lah kamu meminta pertolongan"(QS. AN-Nahl 53)

Untuk mengharapkan Ridha Allah SWT dengan cara lebih mendekatkan diri kepada sang Maha Kaya untuk meminta agar dagangan atau usaha lancar, sukses, untung besar, bersih, serta berkah. inilah doa yang bisa diamalkan.

    اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ROZAQANII HAADZAA MIN KHAIRI HAULIM MINNII WA LAA QUWWAH, ALLOOHUMMA BAARIK FIIH

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah yang Telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezeki ku”

Amalkan setiap setelah sholat 5 waktu, setelah sholat dhuha, setelah sholat tahajjud, dan juga setelah sholat hajat. Masing-masing harus dbaca 9x. setelah itu bisa berdoa menurut bahasa sendiri kepada Sang Maha Kaya untuk dilimpahkan rezeki yang berkah.

Dan kemudian, setiap akan membuka dagangan atau toko harus membaca surat alfatihah sebanyak 7x agar dagangan hari itu bisa menjadi berkah dan banyak pelanggan yang membeli dagangan.