Gempa Berkekuatan 6,4 SR Akibatkan Tsunami Kecil di Jepang

 
Gempa Berkekuatan 6,4 SR Akibatkan Tsunami Kecil di Jepang

LADUNI.ID, Tokyo - Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang terjadi di jepang pada selasa malam (19/6) telah mengakibatkan 16 warga terluka. Gempa juga mengakibatkan terjadinya gelombang tsunami kecil setinggi 10 Cm. Menurut pantauan udara oleh stasiun televisi jepang, NHK, terlihat atap gedung sekolah setempat roboh dan terjadi longsor dalam skala kecil pada beberapa titik. Terkait hal tersebut, pemerintah jepang menyatakan mereka saat ini dalam status siaga penuh terhadap gempa susulan dan sudah mengerahkan tim penyelamat ke wilayah itu. 

Seperti dilansir AFP, Rabu (19/6), gempa yang terjadi pada Selasa malam itu berada di Laut Jepang. Namun, guncangannya terasa sangat kuat hingga daerah Niigata dan Yamagata yang berada di sebelah barat laut.

Akibatnya, warga Niigata juga menjadi korban. Diketahui seorang lelaki berusia sekitar 30 tahun jatuh dari ketinggian dan mengalami patah tulang. Sedangkan seorang perempuan berusia sekitar 60 tahun jatuh dari kursi roda dan mengalami luka ringan. Sedangkan di Yamagata, setidaknya terdapat 12 orang yang mengalami luka akibat gempa.

Selain itu, Otoritas Jepang juga sempat menghentikan sementara operasional kereta cepat, namun saat ini sudah kembali beroperasi. Jaringan listrik juga sempat padam tetapi kembali pulih pada Rabu pagi waktu setempat.