Teman Bergaulmu Ikut Menentukan Sifatmu

 
Teman Bergaulmu Ikut Menentukan Sifatmu

LADUNI.ID, Jakarta – Sebagaimana diketahui, pergaulan merupakan jalinan hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain yang berlangsung dalam jangka relatif lama sehingga terjadi saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya. Pergaulan merupakan kelanjutan dari proses interaksi sosial yang terjalin antara individu dalam lingkungan sosialnya.

Oleh karena demikian, dalam pergaulan sudah sepatutnya seseorang memilih teman bergaul yang bisa menularkan manfaat positif. Karena sebagian besar tingkah laku seseorang turut dipengaruhi dengan siapa ia bergaul.

Berikut ini merupakan sejumlah golongan yang barang siapa ia berkumpul dengannya maka ia akan memiliki sifat dari golongan tersebut. Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam kitab Tanbiihul Ghaafilin karangan Imam Al-Ghazali,  yang menyatakan  bahwa “ siapa saja yang sering duduk (berkumpul ) bersama 8 kelompok manusia, maka Allah akan memberinya 8 perkara “ yaitu :

من جلس مع الأغنياء زاده الله حب الدنيا والرغبة فيها

1. Barangsiapa yang sering duduk bersama orang-orang kaya, Allah akan menambahkan  kepadanya cinta dunia & semangat untuk mendapatkan dunia.

ومن جلس مع الفقراء زاده الله الشكر والرضا بقسمة الله تعالى..

2. Barangsiapa yang sering duduk bersama orang-orang miskin, Allah akan menambahkan kepadanya perasaan syukur & ridha atas pembagian Allah.

ومن جلس مع السلطان زاده الله الكبر وقساوة القلب..

3. Barangsiapa yang sering duduk dengan para pemimpin/raja (Pejabat), Allah akan menambahkan kepadanya perasaan sombong & keras hati.

ومن جلس مع النساء زاده الله الجهل والشهوة..

4. Barangsiapa yang sering duduk dengan perempuan, Allah akan menambahkan kepadanya kebodohan & syahwat.

ومن جلس مع الصبيان زاده الله اللهو والمزاح

5. Barangsiapa yang sering duduk dengan anak-anak kecil, Allah akan menambahkan kepadanya lalai & senda gurau.

ومن جلس مع الفساق زاده الله الجرأة على الذنوب والمعاصي والإقدام عليها، والتسويف في التوبة

6. Barangsiapa yang sering duduk dengan orang-orang fasik (gemar bermaksiat), Allah akan menambahkan kepadanya keberanian berbuat dosa & kemaksiatan, serta semangat untuk berbuat maksiat, kemudian menunda-nunda akan taubat.

ومن جلس مع الصالحين زاده الله الرغبة في الطاعات

7. Barangsiapa yang sering duduk dengan orang-orang yang Sholeh, Allah akan menambahkan kepadanya kegemaran dalam amalan-amalan ketaatan.

ومن جلس مع العلماء زاده العلم والورع..

8. Barangsiapa yang sering duduk dengan para ulama' , Allah akan menambahkan kepadanya ilmu & sikap wara’ (sangat berhati-hati dalam mengambil harta dunia).

 

Semoga Bermanfaat.