STAI Salahuddin Pasuruan

STAI Salahuddin Pasuruan

PROFIL
Awal gagasan berdirinya lembaga perguruan tinggi ini dimotori oleh Yayasan Kembaga Pendidikan Pondok Pesantren Bugul Lor diasuh oleh KH. Abdul Ghofur Kholil (Rois Syuri’ah NU Kabupaten Pasuruan) bersama sama beberapa fungsional LP Ma’arif Pasuruan, pada hari Senin Wage 1 September 1986 M. / 27 Dz. Hijjah 1406 H. Dan diberi nama Universitas Islam Pasuruan (UNIP) dengan dua fakultas : Fakultas Tarbiyah (Pendidikan) dan Fakultas Syari’ah (Ilmu Hukum Islam).

Status Operasional pendirian Universitas Islam Pasuruan dilaksanakan oleh Panitia Pendiri UNIP yang dibentuk dan ditetapkan oleh Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bugul Lor yang berlokasi di daerah Kotamadya Pasuruan (Kota Pasuruan)

Berdiri resminya diresmikan pada hari Jum’at 5 September 1986 M, bertepatan pada tanggal 1 Muharrom 1407 H. Mahasiswa baru angkatan perdana tahun akademik 1986-1987 berjumlah 125 mahasiswa dilantik langsung oleh pimpinan Kopertais Wilayah IV.

Selanjutnya pada hari Selasa 10 Rojab 1407 H (10 Maret 1987 M) Yayasan Pendidikan Islam Bugul Lor yang diwakili oleh Kyai Abdul Ghofur selaku Ketua Yayasan dan H. Amak Fadholi selaku Ketua Badan Pendiri UNIP dan H. RGA Harjono selaku pelaksana (ketua) menyerah terimakan tanggung jawab pembinaan Universitas Islam Pasuruan (UNIP) kepad L.P. Ma’arif Pasuruan yang diwakili oleh H. Moh. Zaky Ubaid selaku Ketua L.P. Ma’arif Pasuruan. Surat Penyerahan dari Yayasan Pendidikan Islam Bugul Lor Nomor : 08/YPIBL/I/’87.

Universitas ini merupakan suatu unit Pendidikan Tinggi dari Lembaga Pendidikan Ma’arif, yang pengelolaannya diselenggarakan oleh “Yayasan Universitas Islam Pasuruan”. Yayasan ini dilahirkan pada hari Kamis Legi tanggal 29 Januari 1987, dengan Akta Notaris Erlina Wijayanti, SH. Nomor Akte 9.

Pimpinan (ketua) fakultas Tarbiyah dipercayakan kepada Drs. H. Bashori Alwi dan fakultas Syari’ah dipercayakan kepada Drs. H. Achmad Aly A. Sahal.

Dengan adanya serah terima tersebut, maka sejak tanggal 10 Maret 1987 Universitas Islam Pasuruan secara resmi bernaung di bawah L.P. Ma’arif NU Pasuruan. Dan perkuliahan dipindah dan dipusatkan untuk sementara waktu di SDN Warungdowo Kabupaten Pasuruan, dengan ijin Bupati KDH Tingkat II Kabupaten Pasuruan Nomor : 421.4/106/545.16/1987.

Perpindahan kampus UNIP tersebut diawali dengan kuliah umum oleh Bapak Bupati KDH TK.II Kabupaten Pasuruan pada malam Tasyakuran Pindah kampus pada hari Rabu tanggal 11 Maret 1987 M (12 Rojab 1407 H.). Empat bulan berikutnya, tepatnya tanggal 24 Juli 1987 Bupati KDH TK.II Pasuruan berkenan mengeluarkan rekomendasi atas didirikannya Universitas Islam Pasuruan (UNIP) Nomor : 421.4/467/454.16/1987.

Untuk penyesuaian spesifikasi pembinaan Perguruan Tinggi UNIP Pasuruan maka Yayasan mengadakan reformasi baik bagi nama Yayasan itu sendiri, maupun Struktur Organisasinya. Sehingga Yayasan Universitas Islam Pasuruan berubah menjadi Yayasan 1926 Pasuruan dengan Akta Notaris : Achmad, SH. Nomor : 20 tertanggal 4 April 1989.

Berdirinya Universitas Islam Pasuruan ini mendapat sambutan yang positif baik dari Pejabat Pemerintah Daerah maupun dari masyarakat Kotamadya dan Kabupaten Pasuruan. Kedua Fakultas (Syari’ah dan Tarbiyah) yang sudah dibuka berlangsung dengan baik dan menunjukkan perkembangan yang konstruktif.

Melihat perkembangan masyarakat dan pembangunan maka dianggap perlu menambah satu Fakultas lagi yaitu Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) jurusan Administrasi Negara. Sehingga pada tahun akademik 1987-1988 Universitas Islam Pasuruan (UNIP) memiliki 3 (tiga) Fakultas yang terdiri dari :

  • Fakultas Syariah (Ilmu Hukum Islam);
  • Fakultas Tarbiyah (Ilmu Pendidikan Agama Islam);
  • Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dipimpin oleh Drs. Agus Priasanjata.

Sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan kemajuan, maka perlu diadakan spesialisasi menuju profesionalisme. Sehingga sejak tahun 1991 diadakan spesifikasi penyelenggara pendidikan tinggi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pasuruan, disingkat STIT Pasuruan dan dipimpin oleh Drs. H. Achmad Aly A. Sahal.

PROGRAM STUDI (PRODI)


1. Pendidikan Agama Islam (S1)
2. Perbankan Syari`ah (D3)

ALAMAT
Kampus I STAI Salahuddin
Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo 45 Pasuruan
Telp. (0343) 4295372
Kampus II PCNU Kabupaten Pasuruan
Jl. Raya Warungdowo Pasuruan (barat stadion)
Call Center: 082334457826 
Kode Pos: 67126
Email:   stais_pasuruan@yahoo.com
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://staispasuruan.ac.id

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

 

Alumni STAI Salahuddin Pasuruan