IDAI: Penggunaan Gadget Akibatkan Pertumbuhan Anak Terganggu

 
IDAI: Penggunaan Gadget Akibatkan Pertumbuhan Anak Terganggu

LADUNI.ID, Jakarta - Kini, teknologi semakin berkembang dan canggih seiring perkembangan zaman. Banyak manfaat dari perkembangan teknologi yaitu salah satunya mempermudah pekerjaan sehingga kita bisa lebih menghemat waktu menjadi lebih efisien. Namun, di sisi lain perkembangan teknologi juga memberikan dampak negatif, salah satunya yaitu penggunaan gadget bagi anak tanpa pengawasan orangtua.

Sebagaimana disebutkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman B, bahwa penggunaan gadget atau media sosial yang ada di dalamnya dapat menyebabkan terganggunya hormon pada anak. Sehingga pertumbuhan anak juga terganggu.

"Kami dari kalangan kesehatan meminta agar orangtua membatasi anak memakai media sosial," ungkap Aman dalam seminar media Hari Ulang Tahun IDAI ke-65 di Jakarta.

kemudian Ia juga melanjutkan "hormon anak dapat terganggu karena penggunaan gadget (media sosial) khususnya di malam hari, bisa berdampak pada tumbuh kembang anak. Sehingga ia sangat mengharapkan para orangtua dapat membatasi durasi penggunaan gadget bagi anak.

Aman menjelaskan bahwa hormon melatonin bisa turun akibat sinar biru dari penggunaan gawai gadget. Sehingga kondisi ini membuat anak menjadi susah tidur. "Jadi kalau jam 8 malam ke atas, melatoninnya tinggi untuk tidur. Kalau dia melihat gawai, melatoninnya jadi turun, dan Kalau dia tidak bisa tidur, hormon lainnya terganggu," ujar Aman.

Dengan demikian, kondisi sulit tidur ini akan berakibat pada sistem hormonal anak, sehingga dapat menghambat tumbuh kembang anak apabila.