Malaysia: Sekitar 500 Sekolah Terpaksa Diliburkan Sementara

 
Malaysia: Sekitar 500 Sekolah Terpaksa Diliburkan Sementara

LADUNI.ID, Kuala Lumpur - Baru-baru ini, pencemaran udara akibat asap beracun terjadi di Malaysia. Diketahui, asap tersebut bersumber dari sejumlah pabrik-pabrik yang beroprasi disana. Terkait hal tersebut, pemerintah Malaysia terpaksa meliburkan sekitar 500 sekolah dan sejumlah lembaga pendidikan lainnya hingga Kamis (27/6). Hal ini dilakukan mengingat insiden tersebut telah menyebabkan puluhan masyarakat umum termasuk para pelajar dilarikan ke Rumah Sakit karena kesulitan nafas, muntah dan pusing sejak  setelah menghirup asap beracun tersebut.

Kepala Menteri Johor Dr Sahruddin Jamal menjelaskan, sebanyak 75 pelajar dari 15 sekolah mengeluh kesulitan bernafas dan mulai muntah. Mereka semua telah dibawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Disamping itu, kejadian ini merupakan yang kedua kali pada tahun ini. Sebelumnya, sebanyak 1.200 orang harus dirawat di rumah sakit dalam kejadian serupa pada Maret sehingga otoritas Malaysia mendakwa beberapa direktur perusahaan minyak ban secara ilegal membuang sampah bahan kimia.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad berjanji bertindak tegas pada para pelaku. “Tampaknya pabrik-pabrik di sana tidak sangat peduli dengan keamanan dan mengakibatkan insiden ini terjadi lagi,” tegasnya.