Dalil Keutamaan Shalat Sunah Qabliyah dan Ba’diyah Isya

 
Dalil Keutamaan Shalat Sunah Qabliyah dan Ba’diyah Isya
Sumber Gambar: Foto Bilal Furkan KOŞAR / Pexels (ilustrasi foto)

Laduni.ID, Jakarta - Shalat sunah qabliyah dan ba'diyah isya hukumnya adalah sunah sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW dan pandangan para ulama. Perbedaannya adalah dalam segi hukum kesunahannya, yaitu antara sunah muakkad dan sunah ghairu maukkad. Adapun penjelasan mengenai hukum melaksanakan shalat sunah qabliyah dan ba'diyah isya sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Zainuddin Al-Malibary dalam kitab Fathul Mu'in sebagai berikut:

سن للأخبار الصحيحة الثابتة في السنن أربع ركعات قبل عصر وأربع قبل ظهر وأربع بعده وركعتان بعد مغرب وندب وصلهما بالفرض ولا يفوت فضيلة الوصل بإتيانه قبلهما الذكر المأثور بعد المكتوبة وبعد عشاء ركعتان خفيفتان وقبلهما إن لم يشتغل بهما عن إجابة المؤذن فإن كان بين الأذان والإقامة ما يسعهما فعلهما وإلا أخرهما وركعتان قبل صبح

"Disunnahkan shalat sunah 4 rakaat sebelum shalat ashar, 4 rakaat sebelum dzuhur dan setelahnya, 2 rakaat setelah maghrib dan disunahkan menyambung 2 rakaat ba’diyah maghrib dengan shalat fardhu, dan tidak hilang keutamaan menyambung 2 rakaat ba’diyah maghrib sebab melakukan dzikir ma’tsur setelah shalat fardhu, kemudian setelah isya 2 rakaat yang ringan, begitu juga 2 rakaat sebelum shalat isya jika tidak sibuk menjawab azan. Apabila di antara azan dan iqamat ada waktu luang untuk mengerjakan 2 rakaat sebelum isya, maka dapat dikerjakan. Jika tidak, maka diakhirkan (setelah shalat isya), dan dua rakaat setelah subuh"

Baca Juga: Petunjuk Lengkap Pelaksanaan Shalat Sunah Qabliyah dan Ba'diyah Isya

Shalat sunah qabliyah Isya termasuk dalam kategori yang dihukumi sunah ghairu muakkad. Sedangkan shalat sunah ba'diyah isya dihukumi sunah muakkad. Hal Sebagaimana keterangan Syekh Zainuddin Al-Malibary dalam kitab Fathul Mu'in sebagai berikut:

والمؤكد من الرواتب عشر وهو ركعتان قبل صبح وظهر وبعده وبعد مغرب وعشاء

"Shalat-shalat rawatib yang muakkad ada 10 rakaat: 2 rakaat sebelum subuh, 2 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat setelah dzuhur, 2 rakaat setelah maghrib dan 2 rakaat setelah isya"

Kemudian hadits Rasulullah SAW dari Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut:

عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: حفظت من النبي صلى الله عليه و سلم عشر ركعات ركعتين قبل الظهر وركعتين بعدها وركعتين بعد المغرب في بيته وركعتين بعد العشاء في بيته وركعتين قبل صلاة الصبح

 "Dari Ibnu Umar RA, ia berkata: Aku memelihara dari Nabi SAW sepuluh raka'at yaitu dua raka'at sebelum dzhuhur, dua raka'at setelahnya, dua raka'at setelah maghrib di rumahnya, dua raka'at setelah isya di rumahnya, dan dua raka'at sebelum shubuh"

Baca Juga: Dalil Keutamaan Shalat Sunah Qabliyah dan Ba’diyah Maghrib

Namun demikian, shalat sunah qabliyah isya tetap termasuk dalam shalat rawatib yang hukumnya sunah untuk dilaksanakan oleh setiap muslim yang hendak melaksanakannya. Kesunahan shalat sunah qabliyah isya juga terdapat dalam sebuah hadits Rasulullah SAW dari Abdullah bin Mughaffal RA yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut:

بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ قَالَهَا ثَلَاثًا قَالَ فِي الثَّالِثَةِ لِمَنْ شَاءَ

"Di antara setiap dua adzan (azan dan iqamah) itu ada shalat (sunnah).” Beliau mengulanginya hingga tiga kali. Dan pada kali yang ketiga beliau bersabda, “Bagi siapa saja yang mau mengerjakannya"

Sehingga melaksanakan shalat sunah qabliyah isya adalah anjuran dari Rasulullah SAW bagi siapa saja yang mau menegerjakannya.

Wallahu Al'lam


Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada tanggal 02 Agustus 2021. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan