Konsultasi Keluarga: Tips Mengatasi Anak yang Kurang Sopan Terhadap Orang Lain

Konsultasi Keluarga: Tips Mengatasi Anak yang Kurang Sopan Terhadap Orang Lain

Anak kami tampaknya sering bersikap kurang sopan kepada orang lain. Kami khawatir ini akan menjadi kebiasaan dan tabiatnya. Mohon penjelasan, bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih.

 

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Memiliki anak yang tampaknya tidak sopan memang kadang membuat orang tua tidak nyaman. Apalagi jika dalam situasi sosial yang formal. Beberapa tips singkat berikut ini mungkin bisa diterapkan:

1. Jadilah contoh sopan santun. Anak akan mencontoh apapun yang dilakukan orang tuanya. Oleh karena itu, jika kita ingin memiliki anak yang sopan, maka orang tuanya harus mencontohkan cara bersopan santun. 

2. Kenali penyebab anak tidak sopan. Jangan buru-buru memarahi anak jika tidak sopan. Orang tua perlu mencari tahu dulu penyebab mengapa anak berbuat tidak sopan. Apakah tidak ada contoh sopan santun di rumah? Apakah anak tidak diajari sopan santun di rumah? Apakah meniru teman atau orang dewasa di lingkungannya? Apakah anak sedang lelah, bosan atau sakit? Apakah pengaruh dari tontonan/game di HP atau TV? Apakah karena dibiarkan oleh orang tua, sehingga anak merasa perbuatannya benar? Atau yang lain?

3. Tentukan sasaran perilaku yang perlu diperbaiki. Perlu dibuat daftar perilaku mana yang akan diperbaiki terlebih dahulu. Misalnya sopan saat di kelas, sopan saat di meja makan, sopan saat bertamu, dsb.

4. Beri contoh perilaku yang baru. Jika sudah ditentukan sasaran perilakunya, maka orang tua memberi contoh perilaku baru tersebut. Misalnya orang tua mencontohkan bagaimana sikap yang baik saat bertamu, dsb. Ajarkan secara bertahap.

5. Beri dukungan atas tiap usaha anak untuk berubah. Jangan pernah berharap anak akan berubah secara drastis. Hargailah tiap usahanya ketika anak menunjukkan perbaikan perilaku. 

6. Latih terus menerus. Perilaku sopan ini harus dilatih terus menerus hingga menjadi suatu kebiasaan.

7. Beri konsekuensi jika melanggar. Jika anak kembali berbuat tidak sopan, maka orang tua harus memberi konsekuensi. Konsekuensi ini tergantung usia anak. Bisa dengan meminta maaf secara langsung, atau meminta anak untuk mengulang perilaku sopannya beberapa kali, atau menuliskan di atas kertas, bahwa dia akan sopan dan tidak mengulangi lagi.

Mungkin itu yang bisa saya jelaskan, mudah-mudahan bermanfaat.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi