Malaysia Berencana Jual Maskapai Nasionalnya

Malaysia Berencana Jual Maskapai Nasionalnya

LADUNI.ID, Kuala Lumpur - Baru-baru ini, pemerintah Malaysia mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya berencana menjual maskapai nasionalnya yaitu Malaysia Airlines (MAS). Namun demikian, pemerintah Malaysia menetapkan syarat agar nama maskapainya tidak diganti walaupun telah berpindah kepemilikan. Hal ini diungkapkan oleh Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr. Mahathir Mohamad, di sela-sela mengikuti acara KTT Asia Pasifik ke-33.

"Kami ingin menjual MAS tapi kami ingin agar identitas maskapai itu dipertahankan sebagai Malaysian Airlines," terangnya.

Lebih lanjut, Mahathir menambahkan bahwa pemerintah Malaysia telah berupaya maksimal dalam " membangkitkan kembali" Malaysia Airlines, namun belum membuahkan hasil. Kali ini, pihaknya akan melakukan langkah sangat hati-hati terhadap Maskapai tersebut.
   
"Kami telah melakukan sejumlah perubahan pada MAS, dan setiap kali kami membuat perubahan, selalu saja gagal, jadi kali ini kami harus sedikit lebih berhati-hati dalam mengambil langkah guna membangkitkan kembali MAS. Dan ini bukan hanya perubahan manajemen, banyak hal lain yang salah dengan maskapai, yang harus diperbaiki " tambahnya.

Diketahui, Mahathir juga melakukan pertemuan dengan dua veteran MAS, termasuk mantan CEO, untuk perombakan manajemen operator setelah kegagalannya selama lima tahun dalam mengembangkan Malaysia Air Lines untuk mencapai peringkat 20 besar dalam survei internasional tentang maskapai penerbangan di dunia. Pihak Survei mengatakan, Malaysia Airlines turun dua peringkat ke posisi ke-36 dalam survei tahunan 100 Top World Airlines milik Skytrax.

Selain itu, menurunnya performa dari maskapai tersebut juga tidak terlepas dari berbagai macam pandangan masyarakat. Terutama terkait musibah dua pesawatnya, dan yang paling menjadi misteri adalah hilangnya MH370.