Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh

Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh

LADUNI.ID, Jakarta - Aloe vera atau lidah buaya telah sejak lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional di sejumlah negara. mengatasi sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi dan sebagai obat alami untuk kolik. Pengobatan penyakit jamur,aloe vera juga  digunakan dalam industri kosmetik, farmasi, dan makanan.

Bahkan, pembuatan ekstrak lidah buaya adalah salah satu industri botani terbesar di dunia. Salah satu bagian dari aloe vera adalah gel yang diperoleh dari sel-sel di tengah daun.

Bbrp manfaat lidah buaya
1. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit
Ada banyak laporan yang telah mengeksplorasi peran pemberian lidah buaya topikal dalam kondisi kulit dan manajemen penyembuhan luka.
Antara lain pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, luka bedah, dan sebagai obat rumah untuk luka bakar.
Ekstrak lidah buaya dilaporkan mampu memberikan bantuan cepat untuk mengatasi gatal dan terbakar terkait dengan dermatitis radiasi yang parah dan regenerasi kulit.

2. Mengobati luka bakar
Gel lidah buaya memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit.

3. Menyembuhkan luka
Aloe vera memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit, yang terkait dengan luka basah. pengobatan rasa sakit alami dan menciptakan antibodi yang digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.

4. Melembabkan rambut dan kulit kepala
Aloe vera adalah perawatan alami yang bagus untuk rambut kering atau kulit kepala yang gatal.
Vitamin dan mineral yang tinggi dari aloe vera membuat rambut kuat dan sehat. Karena memilki sifat antibakteri dan antijamur, lidah buaya dapat membantu mengatasi ketombe.
Sementara, enzim gel dapat membersihkan kulit kepala sel mati dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut.
Aloe gel juga membantu menghentikan rasa gatal yang terkait dengan ketombe atau kulit kepala yang kering.

5. Mengobati sembelit
Penggunaan aloe lateks sebagai laksatif sudah diteliti dengan baik.
Antrakuquinon yang ada di lateks menciptakan pencahar ampuh yang meningkatkan kadar air di usus, dan menstimulasi sekresi lendir.
Kandungan ini juga meningkatkan peristaltik usus, yang merupakan kontraksi yang memecah makanan dan mencampur ke dalam chyme.
Setelah bercampur dengan zat asam dan enzim, makanan berubah menjadi cairan kental yang dinamai chyme. Chyme akan bergerak meninggalkan lambung menuju usus halus.

6. Membantu sistem pencernaan
Jus lidah buaya dapat membantu pencernaan, menormalkan asam/basa dan keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan, dan mengatur pengolahan usus.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Enzim yang ada di dalam lidah buaya memecah protein yang kita makan menjadi asam amino.
Yang lalu mengubah enzim menjadi bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh, yang memungkinkan sel berfungsi dengan baik.
Kandungandi dalam lidah buaya merangsang sistem kekebalan tubuh dan membunuh infeksi.

8. Antioksidan dan mengurangi peradangan
Aloe vera memberikan jumlah vitamin dan mineral yang luar biasa yang membantu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas.
Vitamin A, misalnya, memainkan peran penting dalam menjaga visi yang sehat, vitamin A dlm aloe vera  adalah antioksidan yang mengurangi peradangan.
Vitamin C juga merupakan komponen penting yang ditemukan dalam lidah buaya; melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan pralahir, penyakit mata, dan bahkan kerutan kulit.

9. Menurunkan gula darah
Beberapa bukti yang dilakukan pada manusia dan hewan menunjukkan, lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu.
Umumnya kondisi ini terjadi pada penderita diabetes, dan merupakan faktor risiko utama untuk komplikasi kardiovaskular