Cara Memindahkan Password dari Google Chrome ke Browser Lain

 
Cara Memindahkan Password dari Google Chrome ke Browser Lain

LADUNI.ID, Pada Artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana cara memindahkan bookmark dari chrome ke Firefox, Safari, serta Brave. Lantas bagaimana "nasib" password saya? apakah juga bisa dipindahkan? tak perlu khawatir. Berikut ini caranya:

Jika Anda telah menggunakan pengelola kata sandi Chrome, maka Anda mungkin mengumpulkan banyak kata sandi sebagai penanda. Sayangnya, banyak hal menjadi sedikit rumit ketika memindahkan kata sandi Anda ke browser baru.

Dari tiga browser yang disebutkan di sini, Firefox dan Brave mampu mengimpor kata sandi Anda bersama dengan bookmark Anda.

Firefox melakukan pekerjaan yang bagus untuk memindahkan kata sandi saya; Setelah mencoba, saya dapat segera masuk ke situs yang dipilih secara acak. Brave, karena alasan tertentu, hanya mengimpor sekitar seperempat kata sandi saya.

Anda dapat mengekspor kata sandi dari Chrome (jika tidak mengalami perubahan privasi) dengan cara:

Buka Pengaturan (dengan mengklik pada tiga titik di sudut kanan atas)
Klik pada "Kata Sandi"
Klik pada tiga titik di sebelah kanan "Kata Sandi Tersimpan." Anda akan melihat tombol berjudul "Ekspor Kata Sandi." Klik itu.
Anda akan mendapat peringatan bahwa kata sandi Anda akan sepenuhnya terlihat di file itu. Klik pada "Ekspor kata sandi"

Hasilnya akan berupa file CSV dengan nama situs, URL, nama pengguna Anda, dan kata sandi yang semuanya bagus dan rapi.

Anda tidak akan dapat menggunakan file itu untuk memindahkan kata sandi tersebut ke browser lain karena sebagian besar browser hanya akan mengimpor dari file HTML.

Tetapi setidaknya Anda akan memiliki salinan kata sandi yang disimpan, yang kemudian dapat Anda simpan di tempat yang aman.

Atau Anda dapat memindahkannya ke pengelola kata sandi seperti LastPass atau 1Password yang dapat bekerja dengan peramban apa pun yang Anda pilih untuk digunakan.

Demikian semoga bermafaat.

Baca juga:

1. Cara Memindahkan Bookmark dari Browser Chrome ke Brave

2. Cara Memindahkan Bookmark dari Browser Chrome ke Safari

3. Cara Memindahkan Bookmark dari Chrome ke Firefox