Doa untuk Menjadi Haji Mabrur dan Hajjah Mabruroh

Doa untuk Menjadi Haji Mabrur dan Hajjah Mabruroh

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagai umat islam sudah sepatutnya untuk saling mendokan, diantaranya mendokan mereka yang akan melaksanakan ibadah Haji supaya menjadi Haji Mabrur dan Hajjah Mabruroh.

Titel sebagai Haji Mabrur dan Hajjah Mabruroh  merupakan sebuah harapan dan tujuan utama setiap muslim di dunia yang sudah melaksanakan serangkaian ibadah haji di tanah suci.

Menyandang gelar sebagai Haji Mabrur dan Hajjah Mabrurah tidak sembarang orang bisa mendapatkannya, Rasulullah SAW menerangkan tanda-tanda dari seorang Haji Mabrur dan Hajjah Mabruroh diantaranya:

Pertama: Santun dalam bertutur kata ( Thayyibul kalam)
Kedua, menebarkan kedamaian (ifsya’us salam).
Ketiga, memiliki kepedulian sosial yaitu mengenyangkan orang lapar (ith‘amut tha‘am).

سئل النبي ما بر الحج قال إطعام الطعام وطيب الكلام وقال صحيح الإسناد ولم يخرجاه

Artinya, “Rasulullah SAW ditanya tentang haji mabrur. Rasulullah kemudian berkata, ‘Memberikan makanan dan santun dalam berkata.’ Al-Hakim berkata bahwa hadits ini sahih sanadnya tetapi tidak diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.”

Dan berikut doa untuk haji yang mabrur.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَ سَعْيًا مَشْكُوْرًا وَ ذَنْبًا مَغْفُوْرًا

Artinya: “Semoga Allah menganugerahkan haji yang mabrur, usaha yang disyukuri dan dosa yang diampuni”

Doa yang lainnya
Allahumma ballighna Makkata wal Madiinata wal ‘Arafata wa Rzuqnal hajjal mabruuro wardha ‘anna wahgfirlanaa warhamnaa Anta Maulaana fanshurnaa ‘Alal qoumil Kaafiriina

Artinya: “Ya Allah perkenankanlah kami untuk sampai/hadir ke Mekkah, Madinah, dan Arafah, dan berikanlah kami rezeki menjadi Haji Mabrur, dan ridhailah kami, dan ampunilah kami, dan sayangilah kami. Engkaulah kekasih kami, maka tolonglah kami atas golongan orang orang kafir.” Aamiin…