Cerita Glenn, Anak 19 Tahun yang Rela Nabung Sejak SD untuk Haji

 
Cerita Glenn, Anak 19 Tahun yang Rela Nabung Sejak SD untuk Haji

LADUNI.ID, Yogyakarta - Bernama lengkap Glenn Muhammad Ansof Kukuh Wicaksono, sosok anak muda usia 19 tahun yang kini tercatat sebagai calon jamaah haji termuda. Ia adalah salah satu di antara ribuan calon haji di Bangsal Kepatihan, Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Glenn merasa mantap berangkat ibadah haji bulan ini meski usianya masih 19 tahun. Ia ditawari naik haji tahun 2011. Saat itu, pria yang tinggal di Ngemplak, Sleman ini masih berusia 11 tahun dan duduk di bangku sekolah dasar (SD).

"Bapak menawarkan saya ikut naik haji. Saya tentu mau. Selagi masih kuat, saya ingin pergi ke rumah Allah," kata Glenn, Senin (8/7) kemarin.

Baca juga: Doa untuk Menjadi Haji Mabrur dan Hajjah Mabruroh

Mendengar jawaban Glenn, kedua orang tuanya turut mendaftarkan nama bocah itu pada 2012. "Biarpun dibayarin sama bapak. Tapi, bapak memintaku turut meringankannya dengan menabung," kata dia.

Keberangkatan Glenn memang tidak sendirian, ia pergi ke Tanah Suci juga dilakukan bersama kedua orang tuanya. Setelah mendapatkan porsi keberangkatan tahun 2019, anak dari Hery Sofian dan Ana Yulianti ini mempersiapkan diri sejak tahun lalu.

Glenn mulai mengikuti manasik haji pada 2018 dan mempelajari hal ihwal Tanah Suci. "Harapan saya, imannya bertambah sehingga keegoannya tersalurkan dengan baik. Ke depan, perilakunya juga mesti sesuai dengan ilmu agama," terang Ana, ibunda Glenn.

Sebagaimana dilansir dari laman medcom.id, seluruh jemaah DIY akan berangkat ke Baitullah mulai 12 Juli 2019. Glenn merupakan salah satu peserta dari 3.630 calhaj asal DIY. Sementara Calhaj tertua bernama Supiah Mohammad Anwar berusia 96 tahun 3 bulan asal Kembaran Bantul.