Pemerintah india Kembangkan Manufaktur Kendaraan Listrik Dunia

 
Pemerintah india Kembangkan Manufaktur Kendaraan Listrik Dunia

LADUNI.ID, India - Kini, India telah fokus mengembangkan manufaktur kendaraan listrik Dunia. Tidak hanya itu Pemerintah India juga ingin menjadikan negara itu sebagai pusat manufaktur kendaraan listrik dunia. 

Salah satu bentuk dukungan dari Pemerintah adalah dengan memberikan insentif khusus yang dimasukkan ke dalam kebijakan pemerintah. Cara tersebut bertujuan untuk mempercepat dan memudahkan langkah India sebagai pusat manufaktur global untuk kendaraan listrik.

Sementara itu, Nirmala Sitharaman, Menteri Keuangan, menjelaskan bahwa pemerintah akan membuat regulasi pengurangan pajak penghasilan tambahan terkait bunga peminjaman pembayaran mobil listrik sebesar 150 ribu rupee atau sekitar Rp30,8 juta.

Seperti dikutip dari dari CNBC, Selasa (9/7), Puneet Gupta, Associate Director of Automotive Forecasting IHS Markit, mengungkapkan "Pemerintah sedang mencoba untuk menciptakan permintaan, untuk memacu permintaan, dan dengan demikian membantu (produsen komponen)." 

Pajak kendaraan listrik di India adalah 12%, Namun Gupta mengatakan angka ini kemungkinan dapat turun menjadi 5% dimana harga jual rata-rata kendaraan listrik di India berkisar antara 1,3 juta rupee atau sekitar Rp 267,7 juta.