Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Mansur Sukabumi

 
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Mansur Sukabumi

PROFIL

Yayasan Syekh Manshur bermula dari sebuah lembaga Pondok Pesantren Tradisional (Jiadul Mutaqqim)yang didirikan oleh KH. M. Umar Jiyad. Pada Tahun 1933-1955 yang berlokasi di kp. Kalahang di Kab. Pandeglang, Setelah Wafatnya beliau yayasan dikembangkan oleh Anak menantunya salah satunya KH. E. Abdi Manaf dan Saudara saudaranya dikembangkan dengan Pendidikan Formal tingkat Ibtidaiyah, MTs, MA, dan diberi nama Madrasah Islam Indonesia (MII) & (PGA) Mualimin, pada saat itu PGA mualimin didirikan di Cihideng Kab. Pandeglang 6 tahun berdiri dipersyaratkan calon Direktur itu haruslah Sarjana.

Akan tetapi pada saat itu kader yang dimiliki hanya para Ustad dan Para Kyai, maka bermusyawahlah para Ulama keprisidenan Banten untuk membuka Perguruan Tinggi bercabang ke UNU Jaya yang di prekasai oleh para Ulama, dengan Fakultas Syariah pertama kali di Kab. Pandeglang khususnya di Banten.

Pada Tahun 1970-an UNU Jaya mengalami (Bubar), maka para Ulama yang di Pimpin oleh KH. H. E. Abdi Manaf dan Rekan-rekan mendirikan Yayasan terkumpul para Ulama sebanyak 33 Ulama di Banten, beristikhoroh yang diwakili oleh Kyai Sepuh untuk menamai nama Yayasan tersebut. Hasilnya diantara para sesepuh (Buyut Manshur dan Syekh Manshur) maka terpilih Yayasan Perguruan Islam Syekh Manshur pada tahun 1972, dalam perkembanganya Fakultas Syariah menjadi Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam yang akhirnya menjadi STAISMAN sampai sekarang dan selanjutnya Yayasan Perguruan Islam sepeninggal KH. E. Abdi Manaf (Pimpinan Yayasan) dilanjutkan oleh putranya. Sejak tahun 1989.
 


PROGRAM STUDI (PRODI)

1. Pendidikan Agama Islam
2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah


 

ALAMAT

 Jl. Raya Labuan Km.5 Kadulisung Pandeglang, Banten
Telepon:  (0253) 5550818
Kode Pos: 42253
Email :  info@staisman.ac.id 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id