Pelajari Black Hole, Rusia Luncurkan Roket

Pelajari Black Hole, Rusia Luncurkan Roket

LADUNI.ID, Rusia - Black hole atau lubang hitam masih menjadi sebuah tempat misterius hingga sekarang. Banyak para ilmuan yang telah meneliti dan melakukan eksperimen terhadap black hole. Kali ini, giliran Rusia yang akan meluncurkan roket untuk mempelajari pembentukan lubang hitam.

Berdasarkan informasi yang didapat, Rusia berhasilkan meluncurkan Spektr-RG yakni sebuah sebuah teleskop sinar-X yang dikembangkan bersama dengan badan antariksa Jerman, DLR. 

Tujuan peluncuran roket jenis ini adalah untuk mengetahui dan menemukan menemukan sekitar 100 ribu gugusan galaksi dan 3 juta lubang hitam supermasif. Roket ini diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome Kazakhstan ke luar angkasa pada Minggu (14/7) pukul 05.30 waktu setempat.

Roket ini akan membutuhkan waktu selama 100 hari untuk mencapai tujuan akhir yakni di Langrange Point 2, lokasi ini berjarak satu juta mil dari Bumi. Demikian yang dijelaskan oleh para ilmuan.

Roket yang dirancang sedemikian rupa ini diketahui mampu mempelajari pembentukan lubang hitam, distribusi materi di alam semesta dan pengaruh energi gelap pada ekspansi kosmik. Sebagaiman dilansir Space.

Teleskop cermin sinar-X yang digunakan oleh para ilmuan adalah ART-XC dan eROSITA. ART-XC akan memeriksa energi sinar-X yang lebih tinggi hingga 30 keV. Sedangkan, eROSITA dioptimalkan untuk kisaran energi 0,5 hingga 10 keV.

Para peneliti mengklaim bahwa pada kisaran tersebut medium antarbintang yang menyaring sinar-X sebelum mereka mencapat observartium memiliki efek absorbsi yang lebih kecil pada fluks radiasi. Hal ini dikutip dari laman Russian Space.