ITS NU Pekalongan

ITS NU Pekalongan

PROFIL

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pekalongan sejak dua tahun terakhir sibuk mempersiapkan lembaga pendidikan tinggi berhaluan Ajaran Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Aswaja) sebagai tindak lanjut amanat Konferensi Cabang (Konfercab) tahun 2013.

Dari hasil konsultasi ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) serta melihat moratorium Pemerintah tentang perguruan tinggi pada tahun 2017, akhirnya PCNU Kabupaten Pekalongan memilih opsi yakni alih kelola lembaga pendidikan tinggi yang sudah ada untuk dikelola dan dikembangkan menjadi Universitas Nahdatul Ulama.

Dikatakan, pilihan alih kelola pendidikan tinggi ternyata prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, PCNU harus tahu detail lembaga yang akan dialih kelola seperti manajemen, kondisi mahasiswa, karyawan hingga dosen.

Namun demikian, pihak PCNU Kabupaten Pekalongan merasa beruntung karena lembaga pendidikan yang akan dialih kelola ialah milik warga nahdliyyin yakni Politeknik Batik (Polbat) Pusmanu yang bermarkas di Jalan Jenderal Sudirman 29 Pekalongan.

Setelah melalui proses yang cukup panjang yang dimulai sejak bulan Pebruari tahun 2017 kemarin, akhirnya Kemenristek Dikti mengeluarkan SK pengalihan pengeloaan Politeknik Pusmanu di Kabupaten Pekalongan dari Yayasan Al Utsmani kepada Perkumpulan Nahdatul Ulama dengan nomor : 636 / KPT / 1 / 2017.

PCNU juga mendirikan Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU) Pekalongan. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir meresmikan Institut Teknologi dan Sains (ITS) Nahdlatul Ulama Kabupaten Pekalongan. Peresmian tersebut menambah adanya perguruan tinggi yang ada di Kota Santri. Diterangkan Ketua PBNU Hanif Saha Ghofur, kampus yang terletak di Kedungwuni tersebut merupakan Perguruan Tinggi (PT) ke 33 di Jateng. Dan sekarang NU memiliki sebanyak 228 PT di seluruh Indonesia.

Sementara itu Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, mengatakan berdirinya Kampus ITS NU menambah semaraknya dunia pendidikan di Kabupaten Pekalongan. "Kami ingin terus mengembangkan dunia pendidikan, dan hasilnya di Kabupaten Pekalongan terdapat enam Perguruan Tinggi swasta dan tiga Perguruan Tinggi Negeri," jelasnya. Banyak Perguruan Tinggi diharapkan bisa menggugah para pelajar untuk meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

''Setiap tahun, ada sebanyak 5.000-6.000 yang lulus pendidikan tingkat SMA sederajat di Kabupaten Pekalongan. Namun dari jumlah itu, baru sekitar 1.000-1.500 lulusan SMA, yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hadirnya ITS NU Pekalongan ini, diharapkan mampu mendongkrak angka partisipasi perguruan tinggi di Kota Santri,'' kata Bupati Pekalongan.

 

 

PROGRAM STUDI (PRODI)

  1. Teknologi Informasi 
  2. Teknologi Komputer
  3.  Teknologi Industri
  4.  Fisika

 

 


 

ALAMAT

Jl. Karangdowo No.9, Sopaten, Kedungwuni Bar., Kec. Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah

Kode Pos:  51173

Telepon:  (0285) 785903

Email : itsnupkl@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : http://itsnupekalongan.ac.id

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni ITS NU Pekalongan