Apakah Dosa Sesama Manusia Tidak Dapat Diampuni?

Apakah Dosa Sesama Manusia Tidak Dapat Diampuni?

Laduni.id, Artikel Keagamaan -  Di akhirat nanti, semua dosa akan Allah ampuni jika kita benar-benar bertobat kepada-Nya. Hanya dosa sesama manusia yang tidak bisa diampuni, sebelum saling minta maaf dan memaafkan. Bagaimana caranya agar orang lain yang pernah kita dzalimi bisa memaafkan kita di akhirat nanti? Mau minta maaf sekarang, orangnya sudah meninggal dunia. Bagaimana caranya?

Baca : Ruang Lingkup Ahlusunnah Wal Jamaah

Begini caranya: Mohonkan ampun kepada Allah untuk orang-orang yang pernah kita dzalimi. Setiap selesai melaksanakan shalat lima waktu, kita dianjurkan membaca wirid, yang di antara wiridnya adalah seperti berikut ini:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ، وَلِاَصْحَابِ الْحُقُوْقِ الْوَاجِبَةِ عَلَيَّ، وَلِمَشَايِخِنَا وَلِاِخْوَانِنَا، وَلِجَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ

"Aku memohon ampun kepada Allah yang Mahaagung. Untuk diriku, untuk orangtuaku, untuk orang-orang yang memiliki hak menuntut padaku (karena kezalimanku), untuk guru-guru kami, untuk saudara-saudara kami, untuk semua orang beriman (laki-laki dan perempuan), dan untuk semua kaum muslim (laki-laki dan perempuan), baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal dunia."

Baca Juga : Amalan Agar Segera Dipertemukan Jodohnya

Dengan memohonkan ampunan untuk orang-orang yang pernah kita zalimi, mudah-mudahan mereka memaafkan kita di akhirat nanti. Apakah pasti dimaafkan? Wallahu a'lam.

Yang jelas, inilah sebentuk ikhtiar yang diajarkan oleh para ulama shaleh kepada kita. Dzalim disini adalah perbuatan atau ucapan yang membuat orang lain sakit hati, bukan karena perbedaan pendapat. Jika ada orang yang marah atau kesal pada kita karena perbedaan pendapat, itu bukan kedzaliman.

(Syarif Cakhyono)