Benarkah Ada Layanan Jasa Guiding Hands?

 
Benarkah Ada Layanan Jasa Guiding Hands?

LADUNI.ID, Tekno & Disruption - Tahukah saudara, ada sebuah perusahaan yang menyediakan jasa menuntun para pelanggannya yang sedang sibuk bermain ponsel dan tidak punya waktu memperhatikan situasi jalan. 

Perusahaan bernama Guiding Hands itu cocok sekali bagi orang-orang yang tidak bisa berpisah lagi dari layar ponsel mereka sedetik pun. Terlihat dari slogan bisnisnya, 

At Guiding Hands we understand how important it is to stay connected when you are on the go.

(Kami mengerti pentingnya Anda untuk terus terhubung pada ponsel ketika di perjalanan)

Baca: Ini Alasan Dikeluarkannya  Fatwa Haram Game PUBG

Layanan jasa Guiding Hands bahkan meluas tidak hanya menuntun perjalanan, melainkan sampai menyuapi makanan bagi pelanggan yang tidak sempat lagi menyendok dengan tangan mereka sendiri.

Benarkah layanan jasa seperti ini sungguh-sungguh ada di dunia nyata? Syukurlah, rupanya Guiding Hands hanya sebuah iklan parodi dalam acara komedi di televisi. Ia tidak benar-benar ada.

Meski demikian, parodi ini cerdas sekali. Diakui atau tidak, tayangan tersebut mencubit kesadaran kita. Betapa saat ini layar ponsel telah menguasai kendali kehidupan kita sehari-hari.

Coba saja lihat, sebelum tidur ponsel adalah benda terakhir yang kita pegang. Dan ketika bangun tidur, ponsel adalah benda pertama yang kita cari. Kemana doa-doa dan sunnah yang biasa kita kerjakan pada saat-saat tersebut?

Kita juga tiba-tiba sigap bila ponsel terkena percikan air kopi, pasti segera kita keringkan. Atau saat ada debu dan kotoran yang menempel di layar, tentu langsung kita usap.

Kemana kita saat mushaf Al-Quran di rumah kita sudah berdebu karena tak pernah dibaca? Kapan kita akan usap debu-debu tersebut?

Cukuplah mengherankan bagi para orang tua, yang akan marah jika melihat anak-anak mereka tak sengaja merusak ponsel orang tuanya.

Baca Juga : Sebuah Kapal Tanker Asing Diselamatkan Angkatan Laut Iran

Anehnya, para orang tua justru tidak marah kalau ponsel yang telah merusak anak-anak mereka.

Yang lebih mengherankan lagi, kita semua akan berteriak saat seorang pencuri berhasil membobol uang kita. Tetapi kita tenang-tenang saja saat ponsel merampas harta kita yang paling berharga, yaitu waktu. Sebuah syair Arab menuliskan, 

إياك إياك من سراق الأوقات
فإنهم من عظيمات المصيبات
مصببة الدين نقص لا يقاس به
نقص بحال ولا مال بآفات
العمر شيء عزيز لا بديل له
فكيف تنفقه في غير طاعات

"Hati-hati terhadap pencuri waktu
Karena ia penyebab musibah terbesar
Yaitu musibah dalam agama
Yang tidak bisa ditukar dengan apapun 
Dan diganti harta sebanyak manapun
Umur adalah harta yang mahal
Mengapa tidak dibelanjakan untuk membeli ketaatan?"

Mari menjadi muslim yang cerdas dalam mengelola ponsel. Karena siapa yang berhasil menjaga ponselnya, ia akan berhasil pula menjaga waktunya. Jangan sampai jasa Guiding Hands benar-benar hadir lalu kita menjadi pelanggannya. 

---Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

(Syarif Cakhyono)