AS di Bantu Pakistan dan Spanyol Cari Pelaut yang Hilang

 
AS di Bantu Pakistan dan Spanyol Cari Pelaut yang Hilang

LADUNI. ID, DUBAI - Salah seorang pelaut asal Amerika Serikat dikabarkan jatuh ke laut. Pencarian itu dilakukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan sejumlah kapal lainnya yang hilang di Laut Arab. 

Demikian yang dikatakan Armada Kelima AS yang berbasis di Bahrain.

"Pelaut telah terdaftar sebagai Status Tugas Keberadaan Tidak Diketahui (DUSTWUN) setelah seorang lelaki jatuh ke laut dalam sebuah insiden di atas kapal, Abraham Lincoln saat beroperasi di Laut Arab, 17 Juli," bunyi pernyataan Armada Kelima, tanpa menyebut nama pelaut itu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (19/7/2019).

Sebuah kapal angkatan laut Spanyol dan Pakistan membantu dua kapal angkatan laut AS dalam operasi pencarian.

Ketegangan di wilayah Teluk saat ini tengah tinggi, dengan kekhawatiran bahwa Amerika Serikat dan Iran dapat tersandung ke dalam perang. Amerika Serikat (AS) menuding Iran atas serangkaian serangan sejak pertengahan Mei terhadap sejumlah kapal tanker di sekitar Selat Hormuz, arteri minyak paling penting di dunia, yang ditolak Teheran.

Teheran juga menuduh Inggris melakukan pembajakan dan memperingatkan dampak setelah pasukan Marinir Kerajaan menangkap sebuah kapal tanker Iran dari Gibraltar pada 4 Juli dengan dugaan pengiriman minyak ke sekutu Iran, Suriah, yang dianggap melanggar sanksi Uni Eropa