Tak Boleh Ada Generalisasi

 
Tak Boleh Ada Generalisasi

LADUNI.ID - Kita tak patut men-generalisasi (menyamaratakan) keburukan/kekeliruan seseorang atau sebagian orang dari suatu golongan sebagai keburukan/kekeliruan semua orang dalam golongan itu. Pada setiap golongan selalu ada, orang-orang yang punya pandangan berbeda. Dunia ini selalu berisi aneka pikiran, kehendak, kebiasaan dll.

Begitu pula kita tidak boleh menggeneralisasi satu kesalahan/keburukan perilaku atau pendapat seseorang sebagai salah/buruk semua kelakuan/pendapatnya atau bahwa ia tak ada yang baik dari orang itu. Setiap orang tak luput dari kesalahan, kekeliruan، lupa atau dosa : besar atau kecil, kepada orang lain dan kepada Tuhan, karena banyak hal. Antara lain tidak mengerti, tak terpikir, terpeleset, tertipu, atau ikut-ikutan, atau karena keterbatasan pengetahuan dirinya, karena terbatas oleh ruang dan waktu. Di samping memiliki keburukan/kesalahan setiap orang juga memiliki kelakuan/pikiran yang baik dan benar.

Generalisasi atas satu kesalahan atau keburukan seseorang atau suatu kelompok adalah ketidakadilan yang nyata atau kezaliman.

Itulah bagian dari Nalar Islam Moderat atau "Islam Wasathiyah". Kalau boleh dikatakan ini juga ciri "Islam Nusantara". Siapapun boleh setuju.

Oleh : KH Husein Muhammad