Santri Papua SGTP Diterima dan Didoakan Gus Mus

Santri Papua SGTP Diterima dan Didoakan Gus Mus

LADUNI.ID, Jakarta - Alhamdulillah pada hari yang penuh barokah, Jum’at tanggal 19 Juli 2019 pagi, rombongan Santri Goes to Papua (SGTP) diterima oleh Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibien, Leteh, Rembang yaitu KH Musthofa Bisri atau yang akrab dipanggil dengan Gus Mus. Rombongan ini diterima oleh Gus Mus dalam rangka penyerahan 2 (dua) santri dari suku Kokoda, Kurwato, Sorong, Papua Barat dan Aidy Ilmy selaku perwakilan Persaudaraan Profesional Muslim (PPM) Aswaja dalam rangka mondok di pesantren asuhan Gus Mus tersebut.

Kegiatan Santri Goes to Papua ini yang sudah lebih dari 4 (empat) tahun ini memasuki tahap selanjutnya, yaitu memondokkan santri asli Papua ke pesantren besar di Jawa dalam rangka memunculkan bibit ustadz asli Papua. Harapannya akan tumbuh generasi ustadz asli Papua yang dapat lebih aktif dalam berdakwah di Papua.

Pada saat ini, dua santri tersebut adalah Ajam Paus Paus dan Irwan Tofir, keduanya diantar langsung oleh orang tuanya yaitu bapak Amsa Edoba dan bapak Ekan Tofir serta didampingi oleh ustadz pembina sewaktu madrasah Ibtidaiyah, yaitu ustadz Agus Setyabudi yang sudah berkhidmat lebih dari dua tahun, rombongan telah berangkat ke Leteh pada tanggal 6 Juli 2019.

Ustadz Agus Setyabudi adalah ustadz kedua menggantikan ustadz Abdul Wahab (sekarang aktif sebagai motor di kegiatan Santri Progresif) untuk mengajarkan pelajaran keagamaan diniyah di madrasah Al Ibriz, madrasah yang dibangun sewaktu kegiatan Santri Goes to Papua berjalan sekitar 2 tahun.

Kegiatan Santri Goes to Papua yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Profesional Muslim Aswaja ini selain mengajarkan pelajaran keagamaan juga mengajarkan pendidikan membaca dan menulis serta menyediakan buku-buku bacaan untuk anak didiknya. Anak didiknya dapat memilih di perpustakaan mini madrasah Al Ibriz.

Pada tahap selanjutnya, kegiatan Santri Goes to Papua akan diperluas ke beberapa wilayah di Papua, dengan kegiatan yang sama, yaitu mengirimkan santri sukarelawan ke lokasi, membangun madrasah, dan memberikan pelajaran keagamaan bagi anak-anak di sekitarnya.

===============================================================
Catatan tambahan:
Anda bisa turut serta membantu dalam bentuk dana untuk pengembangan dakwah Islam di wilayah pedalaman Papua Barat dengan mengirimkan ke:
Rekening bank Mandiri
atas nama Yayasan Dakwah Islam Aswaja
nomor rekening 070.00.0664.8054.
Konfirmasi ke Koordinator SGTP III dengan bapak Aidy Ilmy HP/WA 0812.1011.796.
Mohon menambahkan jumlah transfer dengan akhir digit "99", contoh Rp 500.099;

Catatan:
1. Kami tidak memungut biaya administrasi dan menyalurkan keseluruhan dana ke kegiatan di Papua Barat.
2. Untuk mengunjungi lokasi dapat menghubungi koordinator di tempat dengan ustadz Agus Setyabudi di HP./WA. 0852.2774.8441.
3. Bangunan Madrasah Diniyyah Al-Ibriz Iru Nigeiyah di kompleks pemukiman suku Kokoda di Kurwato adalah sumbangan dari kegiatan SGTP I-III.
4. Yayasan Dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah memperoleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU: 0028651.AH.01.04.

#SantriGoesToPapua #PPMaswaja #LTNPBNU #MuslimPapua #SukuKokodaKurwato