Innalillahi, Guru MUDI Samalanga Sang Khadim Dayah Itu Meninggal Waktu Shalat Jumat

Innalillahi, Guru MUDI Samalanga Sang Khadim Dayah Itu Meninggal Waktu Shalat Jumat

LADUNI. ID, ACEH-Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Salah seorang dewan guru Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Bireuen kembali dipanggil untuk selamanya Tgk. Sabaruddin M. Adam  sosok yang dikenal  ketakdhimannya kepada dayah dan guru menghembus nafas terakhir saat pelaksanaan shalat Jum'at, (19/7/2019), sekitar pukul 13.00 WIB.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, guru kita Tgk. Sabaruddin M. Adam atau akrab disapa Tgk Caleu barusan meninggal dunia hari Jumat, (19/7) pukul 13.00 WIB di Rumah Sakit Umum Tgk Chik Ditiro Sigli, "kata Tgk Nuruzzahri Lamkawe yang juga guru dayah MUDI Samalanga dan kawan akrab almarhum, Jumat, (19/7/2019).

Tgk. Lamkawe mengatakan, almarhum selama ini mengalami sakit dan berobat di RSU dan direncanakan jenazah almarhum akan dikebumikan di kampung halamannya.

"Almarhum akan di kebumikan di gampong Lamkabu, Indra jaya, Pidie selepas shalat jum'at hari ini juga," lanjutnya. 

Tgk Zahri menceritakan, almarhum selama di dayah dikenal sosok sangat baik oleh semua elemen di dayah baik santri dan dewan guru bahkan keteladanan akhlakul karimahnya dalam berinteraksi selama di dayah.

"Almarhum di samping melaksanakan tugas dalam beut seumeubeu juga ketakdhimannya kepada guru dan dayah. Salah satunya keaktifannya mengurusi sawah dewan guru dan pinpinan dayah, bahkan kelakuannya kerap dilakoninya sesuai dengan namanya dengan aplikasi nilai kesabarannya," kenangnya. 

Terakhir ia menambahkan, kepergian almarhum di hari yang berkah dan mulia ini (sayyidul ayyam), semoga husnul khatimah.

"Semoga almarhum diampunkan segala dosanya terlebih kepergiannya di malam yang berkah dan mulia ini, semoga almarhum husnul khatimah,"pintanya yang juga Mahasiswa Pascasarjana IAIN Lhokseumawe itu